Share

Bangunan di Rotterdam Punya 'Buah dan Sayuran' Raksasa

Dhera Arizona Pratiwi , Okezone · Jum'at 06 Mei 2016 06:41 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 04 470 1380540 bangunan-di-rotterdam-punya-buah-dan-sayuran-raksasa-PzAiB6oSss.jpg Markthal (Foto: Amusing Planet)
A A A

ROTTERDAM - Pada kawasan bersejarah di kota Rotterdam, Binnenrotte Square, terdapat sebuah bangunan besar melengkung yang terdiri dari 11 lantai bernama Markthal. Fasad eksteriornya pun unik, dengan bentuknya melengkung serta dibalut dengan batu alam berwarna abu-abu.

Dilansir dari laman Amusing Planet, Jumat (6/5/2016), pada bagian tengah inti bangunan terdapat sebuah pasar makanan. Kubah langit-langit interior pasarnya dihiasi dengan lukisan dinding raksasa bertema buah-buahan, sayuran, dan bunga. Sementara fasad ujung bangunannya ditutup dengan panel kaca guna menjaga dari masuknya air hujan dan dingin keluar.

[Baca juga: Bangunan di AS Gunakan 3.000 Batu Giok]

 

Selain pasar makanan pada lantai dasarnya, bangunan ini juga bisa dihuni. Ada apartemen 11 lantai yang berkapasitas 200-an unit. Masing-masing unit dilengkapi jendela yang bisa membuat penghuninya melihat keluar ke pasar atau sebuah kaca persegi pada lantainya, sehingga penghuni dapat melihat ke bawah secara transparan ke tempat ramai di bawahnya.

[Baca juga: Bekas Bangunan 'Kota Hantu' Disulap Jadi TK]

Bangunan yang dibuka pada 2014 ini merupakan pasar tertutup pertama di Belanda. Uniknya bangunan ini tidak hanya dari segi bentuk dan ukuran, tetapi juga terutama caranya berfungsi yang mengombinasikan antara gedung apartemen dengan pasar makanan segar, terdiri dari toko-toko makanan, supermarket, dan parkir bawah tanah yang hanya dapat ditemukan di Rotterdam.

Lukisan dinding besar nan megah menyelimuti kubah interiornya dilukis oleh seniman bernama Arno Coenen dan Iris Roskam. Hal ini menyita banyak perhatian ketika Markthal dibuka pada 2014. Karya seni berjudul Cornucopia menempati 11.000 meter persegi (m2) dan menunjukkan gambar kebesaran yang dapat ditemukan dan dibeli di pasar.

Sedangkan bunga dan serangga mengacu pada karya master Belanda masih hidup dari abad ke-17. Gambar-gambar tersebut dibuat secara digital dan dilukiskan oleh Pixar Studios, kemudian dicetak pada panel aluminium berlubang. Diungkapkan bahwa resolusi cetak karya seni ini sebanding dengan majalah glossy.

(dhe)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini