Share

Ada Jembatan "Uji Nyali" di Purworejo

Agregasi Kedaulatan Rakyat , Jurnalis · Rabu 04 Mei 2016 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 04 512 1380227 ada-jembatan-uji-nyali-di-purworejo-25KnpgHT9L.jpg Kondisi jembatan sudah tidak memungkinkan untuk dilintasi orang apalagi kendaraan (foto: KRjogja)
A A A

PURWOREJO - Jembatan gantung Sungai Butuh di Desa Lubanglor Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo dalam kondisi yang sudah bengkok. Meski begitu, warga nekat melintasi jembatan kendati kondisinya membahayakan.

Jembatan miring setelah banjir besar melanda sungai itu awal tahun 2016. "Air sampai limpas tanggul dan merendam jembatan," ungkap Sahman, petani warga Lubanglor, kepada KRjogja.com, Selasa (3/5/2016).

Sampah dan kayu yang terbawa air, tersangkut badan jembatan gantung. Besarnya beban sampah akibat desakan air banjir menyebabkan lantai jembatan miring dan bengkok tidak beraturan. Kendati demikian, seling baja tidak sampai putus sehingga konstruksi jembatan tetap utuh.

Sekretaris Desa Lubanglor Kholi Mustofa mengatakan, jembatan itu memiliki fungsi vital bagi masyarakat Butuh. Jembatan dimanfaatkan ribuan petani dan buruh penggarap sawah dari Desa Lubanglor, Lubang Sampang, Lubang Indangan dan Lubang Kidul.

Petani empat desa memiliki lahan kurang lebih seratus hektare di wilayah seberang Sungai Butuh. "Kalau sampai putus petani harus memutar lebih dari tiga kilometer untuk menuju sawah mereka," terangnya.

Selain itu, akses juga dimanfaatkan penduduk Desa Tegalgondo dan Polomarto saat menuju Lubanglor. "Jadi memang banyak penggunanya, apalagi saat panen padi, sehari bisa dilintasi seribu orang," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini