Share

Iran Kecam Campur Tangan AS di Teluk Persia

Ahmad Taufik , Okezone · Kamis 05 Mei 2016 23:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 05 18 1381204 iran-kecam-campur-tangan-as-di-teluk-persia-IqSdzKV1VA.jpg Kapal Iran mendekati Selat Hormuz (Foto: Fars News Agency)
A A A

TEHRAN - Pemerintah Iran mengecam campur tangan militer Amerika Serikat (AS) di Teluk Persia. Kecaman tersebut disampaikan oleh Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) Iran dengan mengirim surat ke Kedutaan Swiss. Dalam surat tersebut, Tehran mencela kebijakan yang dikeluarkan Washington baru-baru ini terkait dengan keamanan di Teluk Persia.

"Iran akan melakukan apapun yang diperlukan untuk menjaga perdamaian dan meningkatkan stabilitas di Teluk Persia," sebagaimana tertulis dalam surat tersebut.

Seperti yang dilansir dari PressTV, Kamis (5/5/2016), protes itu sebagai bentuk protes Iran terhadap rancangan undang-undang yang diajukan oleh anggota kongres Partai Republik, Randy Forbes. Ia diketahui menyerukan supaya AS bertindak untuk menentang latihan militer yang sedang dilakukan Iran di Teluk Persia.

Terkait hal tersebut, Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) mengatakan Iran tidak akan menyerah dengan intervensi dari negara manapun di dunia ini. Melakukan latihan militer di Teluk Persia merupakan hak legal negara Iran. Hal itu dilakukan sesuai dengan rencana strategis militer Iran.

Komentar tersebut sekaligus menegaskan pernyataan Pemimpin Revolusi Iran, Ayatollah Khamenei. Menurutnya, militer Iran harus hadir di Teluk Persia dan menunjukkan kekuatan kita.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(FIK)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini