Share

Indonesia, Malaysia dan Filipina Bersepakat Patroli Bersama

Randy Wirayudha , Okezone · Kamis 05 Mei 2016 23:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 05 18 1381371 indonesia-malaysia-dan-filipina-bersepakat-patroli-bersama-B41Uinq8qs.jpg Deklarasi bersama terkait kesepakatan patroli gabungan di Laut Sulu dan Sulawesi antara RI, Filipina dan Malaysia (Foto: Kemlu.go.id)
A A A

YOGYAKARTA – Pada Kamis (5/5/2016) di Yogyakarta, tiga negara, Indonesia, Malaysia dan Filipina, mengesahkan kesepakatan bersama terkait gagasan patroli bersama di perairan Laut Sulu dan Laut Sulawesi, sebagai respons dari maraknya pembajakan dan penyanderaan Abu Sayyaf di perairan tersebut.

Pertemuan trilateral yang bertempat di Gedung Agung atau Istana Kepresidenan Yogyakarta ini, turut dihadiri para Menteri Luar Negeri (Menlu) dan Panglima Militer ketiga negara.

Dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, kemlu.go.id, disebutkan bahwa pertemuan itu menghasilkan empat poin kesepakatan antara Indonesia, Filipina dan Malaysia.

Poin pertama kesepakatan trilateral ini menyebutkan bahwa ketiga negara, akan melakukan patroli bersama yang terkoordinasi.

Adapun poin kedua berisi bahwa masing-masing negara akan mengirim bantuan secepat mungkin untuk menyelamatkan individu maupun kapal-kapal yang mengalami situasi darurat.

Poin ketiga berbunyi bahwa Indonesia, Malaysia dan Filipina akan membuat focal point nasional untuk berbagi informasi dan (data) intelijen secara tepat, jika terdapat keadaan darurat dan ancaman keamanan.

Poin keempat atau terakhir adalah, ketiga negara akan membuat hotline bersama untuk bias berkomunikasi secara lebih baik.

Selain itu, masing-masing badan atau kementerian keamanan ketiga negara, akan melakukan pertemuan lanjutan sesegera mungkin, sekaligus memformulasikan SOP atau prosedur operasi standar dari kesepakatan ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini