Share

Serap Tenaga Kerja, JK Lebih Pilih Industri Manufaktur

Danang Sugianto , Okezone · Kamis 05 Mei 2016 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 05 320 1381007 serap-tenaga-kerja-jk-lebih-pilih-industri-manufaktur-nmw7A6hk4N.gif Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Pemerintah tengah mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah. Hal tersebut agar mengurangi ketimpangan pertumbuhan antara kota-kota besar dan daerah-daerah tertinggal.

Ada dua hal yang bisa mendorong perekonomian yakni pertanian dan perkebunan atau menumbuhkan sentra industri. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengaku lebih memilih mengembangkan industri yang mampu menyerap tenaga kerja yang besar seperti industri manufaktur.

"Dalam bidang pertanian satu hektare lahan diberikan kepada 80 orang. Tapi industri manufaktur seluas itu bisa membuka lapangan pekerjaan 800 orang," terang JK di Kemayoran, Jakarta, Kamis (5/5/2016).

(Baca Juga: Tumbuh di Atas 4%, Industri Manufaktur Mulai Membuahkan Harapan)

"Oleh karena itu manufacturing perlu ditingkatkan, dan investasi dibutuhkan. Kenapa produktivitas, karena lahan enggak mungkin bertambah, semua suatu hal yang berkaitan," sambungnya.

Kendati begitu, JK menegaskan bahwa kemajuan perekonomian di daerah memang hanya tergantung pada produktivitas masing-masing daerah. Baik dari sisi industri maupun pertanian dan perkebunan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini