Share

Melancong ke Yogyakarta, Kunjungi Diorama Tugu Golong Gilig

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 05 Mei 2016 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 05 406 1381074 melancong-ke-yogyakarta-kunjungi-diorama-tugu-golong-gilig-EKcZ13AEvN.jpg Diorama Tugu Golong Gilig Yogyakarta (Foto: Helmi/Okezone)

YOGYAKARTA memiliki banyak daya tarik yang bisa dikunjungi. Salah satunya andmark baru Yogyakarta, yaitu Diorama Tugu Golong Gilig.

Diorama Tugu Golong Gilig disebut juga Tugu Pal Putih Yogyakarta berada di sebelah tenggara Tugu Yogyakarta saat ini, yaitu di perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jenderal Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro.

Diorama Tugu Golong Gilig dibangun memang agar masyarakat atau pun turis yang berkunjung bisa mengetahui sejarah Tugu Yogyakarta. Pada awal berdirinya Tugu Yogyakarta, bangunan didesain untuk menggambarkan semangat persatuan atau disebut golong gilig.

Hal tersebut terlihat pada bangunan tugu yang tiangnya berbentuk silinder atau gilig dan puncaknya berbentuk golong atau bulat. "Karena itu, bangunan ini disebut Tugu Golong-Gilig," ujar salah seorang warga Yogyakarta, Sidik kepada Okezone di kawasan Tugu Yogyakarta.

Namun, bangunan Tugu Golong Gilig runtuh akibat gempa bumi yang mengguncang Yogyakarta pada 10 Juni 1867. Hal tersebut dikisahkan pada Diorama Tugu Golong Gilig yang berdiri sekarang ini.

Pada bagian Diorama Tugu Golong Gilig tersebut juga dikisahkan mengenai pembangunan kembali tugu atas titah Sri Sultan Hamengku Buwana VII. Pembangunan kembali tugu diarsiteki oleh YPF Van Brussel yang selesai pada 3 Oktober 1899. 

Namun, bagian tugu baru tersebut tidak lagi bulat, melainkan berbentuk kerucut yang runcing. Tugu baru tersebut pun lebih rendah 10 meter dari bangunan sebelumnya, yaitu hanya 15 meter. Sejak saat itulah bangunan ini disebut Tugu Pal Putih atau juga dikenal sebagai Tugu Yogyakarta.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini