Share

Curug Setawing Spot Yahud untuk Selfie

Agregasi Kedaulatan Rakyat, Jurnalis · Kamis 05 Mei 2016 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 05 406 1381175 curug-setawing-spot-yahud-untuk-selfie-yXistoQswo.jpg Curug setawing (foto; krjogja)

PURWOREJO - Perbukitan Menoreh yang membentang di sepanjang sisi timur Kabupaten Purworejo menyuguhkan pemandangan yang indah. Sejumlahh gua dan air terjun dengan air yang jernih menghiasi sebagian topografinya.

Salah satu air terjun yang kini sedang digarap untuk wisata adalah Curug Setawing. Air terjun terletak di Dusun Somoroto Desa Tlogoguwo itu memiliki ketinggian sekitar 40 meter.

Berbeda dengan kebanyakan air terjun di sungai lain dimana air jatuh ke dalam kedung, tapi tidak dengan Curug Setawing. Bagian dasar curug itu datar. Tidak ada perairan yang dalam di bawah curug.

Selain itu, ada bongkahan batu cadas setinggi kurang lebih 1,5 meter tepat di depan dasar curug. Lantas apa menariknya? Jelas sangat sebab ada sensasi terpaan uap air yang kencang apabila berada di depan curug atau berdiri di atas cadas itu.

Semakin deras apabila debit air juga sedang besar. "Foto selfie dengan latar belakang air terjun sangat menarik, banyak pengunjung yang datang dan melakukannya," kata Antonius Wahyu, anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Anjani Tlogoguwo, kepada KRjogja.com, Kamis (05/05/2016).

Turun ke bawah air terjun dan merasakan derasnya air yang jatuh dari ketinggian pun bisa dilakukan. Namun pengunjung harus tetap berhati-hati, sebab tekanan derasnya air mungkin bisa melukai. Atau bukan tidak mungkin ada benda keras yang ikut aliran air dan jatuh dari atas.

Disarankan mengecek dulu kondisi air terjun kalau mau berfoto di dalam air. "Sebaiknya kalau air sedang tidak deras, biar kelihatan dasar sungainya, siapa tahu ada batuan tajam yang bisa melukai," ucapnya.

Sebetulnya, kata Wahyu, pengunjung tidak disarankan masuk air karena bisa berpotensi membuat keruh. Pasalnya sebagian curug itu dialirkan masuk ke dalam kolam renang Anjani.

Selfie di sekitar air terjun Setawing masih gratis. "Tidak dipungut biaya, tinggal datang saja kemari. Aksesnya juga mudah karena curug itu ada di tepi jalan antardusun, jadi kendaraan roda empat bisa sampai ke curug," tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini