Share

Tak Layak Huni, Rumah Nelayan Cilacap Direnovasi

Dhera Arizona Pratiwi , Okezone · Kamis 05 Mei 2016 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 05 470 1380998 tidak-penuhi-standar-kementerian-pupr-renovasi-rumah-di-kabupaten-cilacap-q5aquidVTy.jpg (Ilustrasi: Okezone)
A A A

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan baru-baru ini melakukan pertemuan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap. Pertemuan ini terkait rencana pembangunan jembatan apung pertama di Indonesia. Jembatan sepanjang 40 meter ini akan menghubungkan Desa Ujung Alang dan Desa Klaces, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Selain membahas rencana pembangunan jembatan apung, dalam pertemuan itu juga dibahas mengenai permasalahan permukiman di Desa Klaces yang sebagian besar bangunan yang dibangun merupakan bangunan semi dan non permanen yang tidak memenuhi standar.

"Bangunan berupa landed houses (rumah tapak) dan pembangunannya asal bangun. Ditambah kondisi sanitasi, air bersih, pengelolaan sampah, drainase yang ada tidak terpelihara dan tidak layak," ujar Kepala Balitbang PUPR, Arie Setiadi Murwanto dalam pertemuan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap baru-baru ini, seperti dilansir dari laman Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (5/5/2016).

[Baca juga: Situbondo Gunakan Dana Desa Renovasi Rumah Tak Layak]

Untuk permasalahan permukiman di Desa Klaces, tim Balitbang PUPR sudah melakukan beberapa renovasi dan penataan di beberapa bangunan desa. Untuk bangunan rumah, rencananya akan dibangun dengan sistem rumah panggung dan menerapkan model rekayasa teknologi bangunan rumah yaitu Rumah Instan Sederhana (RISHA).

Dengan adanya kerjasama dengan Balitbang PUPR, pemerintah Kabupaten Cilacap berharap rencana yang sudah disusun dapat segera direalisasikan sehingga Kampung Laut nantinya tidak terlalu tertinggal dari kampung-kampung yang lain. Kerjasama ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kampung Laut.

[Baca juga: Kemen PUPR Targetkan Renovasi 95 Ribu Unit Rumah]

Dalam sambutan Bupati Cilacap yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Sutarjo mengatakan salah satu permasalahan yang dialami masyarakat Kampung Laut adalah sulitnya akses transportasi penghubung antar wilayah dan juga permasalahan tingginya sedimentasi di Laguna Segara Anakan.

(dhe)

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini