Share

Pabrik Esemka di Cileungsi Bisa Produksi 30 Ribu Mobil per Tahun

Santo Evren Sirait, Okezone · Jum'at 06 Mei 2016 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 06 15 1381529 pabrik-esemka-di-cileungsi-bisa-produksi-30-ribu-mobil-per-tahun-SeqLC1Qpje.jpg Pabrik Esemka ditargetkan bisa memproduksi 30 ribu unit per tahun (Okezone)

JAKARTA - PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), produsen mobil Esemka, sudah memiliki lokasi yang akan digunakan untuk memproduksi mobil pikap. Pabrik tersebut berlokasi di River Green Industrial Complex, Bojong Jonggol, Cibubur, Cileungsi, Jawa Barat. Luas total area pabrik itu nantinya mencapai 40 hektare.

"Pembangunan pabrik, kami sudah mengajukan perizinan dan sudah lengkap ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)," ujar Hosea Sanjaya, managing director PT ACEH.

Ketika ditanya investasi yang digelontorkan untuk pembangunan pabrik, Hosea menolak memberikan angka. "Nilai investasinya cukup besar. Ya, bersaing dengan yang lain. Yang pasti pabrik ini mampu memproduksi 30 ribu unit per tahun," jawabnya.

Ia menambahkan angka 30 ribu unit itu hanya di pabrik Cileungsi, sementara pabrik di Boyolali, Jawa Tengah, belum ditentukan.

"Bagaimanapun juga yang di Cileungsi fokus mobil pedesaan," katanya.

Bila pabrik mulai beroperasi dan produksi mobil pikap sudah berjalan, PT ACEH berencana melakukan ekspor ke beberapa negara terutama di kawasan Asean. Jumlah unit yang bakal diekspor sekira 10 persen dari total produksi per tahun.

"Ekspor kemungkinan di pasar ASEAN, seperti di Malaysia. Di sana tidak punya kendaraan komersial. Malaysia memiliki dua pabrik mobil, namun keduanya fokus ke kendaraan penumpang yang kelas kecil. Kami lihat ada peluang di situ. Ekspor 10 persen dari total produksi," pungkas Hosea.

‎Sebagai tahap awal PT ACEH akan bermain di segmen mobil niaga yang dijadwalkan akan diperkenalkan Agustus 2016. Mobil pikap Esemka menggunakan mesin 1‎.000 cc dan akan menyusul varian 2.000 cc. Target pemasaran mobil pikap Esemka yaitu pedesaan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini