Share

Serangan Udara Hantam Kamp Pengungsi Tewaskan Puluhan Orang

Randy Wirayudha , Okezone · Jum'at 06 Mei 2016 02:27 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 06 18 1381452 serangan-udara-hantam-kamp-pengungsi-tewaskan-puluhan-orang-jEq8rRggMT.jpg Kondisi Kamp Kamouna pasca-dihantam serangan udara (Foto: Syria Civil Defense)
A A A

SARMADA – Saling serang antara kubu pemberontak dan pasukan pemerintah Suriah rezim Presiden Bashar al-Assad masih gencar terjadi dan warga sipil tak pelak jadi korban. Terakhir, puluhan pengungsi tewas setelah kamp mereka dihantam serangan udara.

Diduga, serangan udara ini dilakukan jet-jet tempur Suriah atau Rusia yang merupakan “sekutu” rezim Assad. Pun begitu, belum ada konfirmasi lebih jauh soal siapa pelaku serangan ini.

Yang pasti, puluhan pengungsi dilaporkan meninggal setelah serangan itu membombardir kamp di Kamouna, area yang berjarak empat kilometer dari Kota Sarmada di Provinsi Idlib dan 10 kilometer dari perbatasan Turki.

Untuk total korban tewas sedianya masih simpang siur. Komite koordinasi (pengungsi) setempat sebagaimana dikutip BBC, Jumat (6/5/2016), menyatakan 30 orang tercatat tewas.

Angka yang sama juga disebutkan Syria Civil Defense. Sementara SOHR atau Pengawas HAM Suriah yang berbasis di Inggris menyatakan, korban tewas berjumlah 28 orang dan 50 lebih terluka, termasuk wanita dan anak-anak.

Peristiwa ini terjadi ketika gencatan senjata secara menyeluruh di Suriah masih berlaku sejak Februari lalu, serta diperkuat dengan kesepakatan gencatan lainnya yang digagas Amerika Serikat dan Rusia pasca-Aleppo memanas, belum lama ini.

(Baca: AS-Rusia Akhirnya Sepakati Gencatan Senjata di Aleppo)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini