Share

Hindari Sakit saat Traveling dengan Empat Cara Ini

Fahmi Abidin Achmad, Jurnalis · Jum'at 06 Mei 2016 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 06 406 1381720 hindari-sakit-saat-traveling-dengan-empat-cara-ini-iwDA5SW0QB.jpg Ilustrasi Jajanan Pasar saat Travelling. (Foto: Grivy.com)

BANYAK hal yang menjadi pemicu Anda sakit saat sedang traveling. Dari mulai perubahan iklim dan cuaca, kecapekan hingga stress (ya, stress). Satu hal lagi yang menjadi penyebab Anda terkena sakit, makanan. (sumber: independent traveler)

Apa artinya travelling tanpa merasakan kuliner lokal? Ya, lidah Anda mungkin siap untuk menerima segala rasa, namun belum tentu perut Anda siap. Untuk mencegah Anda menghabiskan separuh waktu travelling dengan pergi ke kamar mandi, Anda harus menemukan cara untuk dapat mencicipi kuliner lokal dan menjaga agar perut Anda selalu prima kondisinya.

1. Perhatikan Makanan-Makanan Ini

Sumber umum yang menjadi penyebab sakit perut adalah minum air. Perhatikan air yang Anda minum, usahakan untuk tidak minum water tap, termasuk es pada minuman. Cari informasi, negara mana yang airnya bersih dan layak konsumsi dan yang tidak. Menu makanan mentah dan buffet food juga punya potensi memberikan bakteri pada tubuh, sebisa mungkin jangan terlalu sering mengkonsumsinya. Sumber lain seperti seafood juga menjadi penyebab utama keracunan makanan. Selalu pesan steak dengan tingkat kematangan "well done" atau setidaknya "medium well".

2. Jajan

Hati-hati saat jajan makanan kaki lima. Pastikan saja Anda membeli makanan yang disajikan hangat. Bila perut Anda sensitif, perhatikan juga tempat makanan itu dijual. Selalu pergi ke restoran yang sibuk untuk mendapatkan makanan yang bersih dan fresh-cooked.

Kalau restoran yang Anda kunjungi tidak english friendly, gunakan kamus atau translator untuk menanyakan makanan yang ada di menu, daripada Anda kena resiko menyantap makanan yang Anda alergi atau perut Anda tidak tahan untuk mengkonsumsinya. Satu yang paling penting, jangan lupa untuk mencuci tangan Anda sebelum makan.

3. Nutrisi Terpenuhi

Bila Anda sedang bepergian, tak jarang Anda jadi tidak teratur makan dan melupakan nutrisi yang terkandung dalam makanan. Padahal ini harus diperhatikan, karena kelelahan yang tidak diimbangi dengan asupan yang mengandung energi akan membuat imun Anda lebih lemah. Coba untuk menjaga pola makan Anda.

Bila Anda kurang makan daging, ganti dengan protein lain seperti telur, kacang-kacangan dan tahu. Buah yang bisa dikupas dan sayuran adalah sumber yang bagus untuk mineral dan vitamin bagi tubuh Anda. Pastikan juga asupan karbohidrat terpenuhi. Jangan sampai dehidrasi, minum banyak air (yang aman). Mengkonsumsi vitamin dan suplemen juga bisa Anda lakukan. Untuk snack, kantongi protein bar untuk mengisi perut Anda saat dalam perjalanan.

4. Kebutuhan Khusus

Ketahui kebutuhan Anda. Bila Anda seorang vegetarian, tentunya Anda harus mempersiapkan list restoran yang bisa Anda datangi di tempat tujuan. Jangan ragu untuk bilang kalau Anda vegetarian dan minta saran menu untuk Anda.

Jelaskan secara spesifik pada waiter kalau Anda tidak makan daging. Bila Anda punya food intolerances dan alergi atau sedang dalam diet khusus (rendah gula, rendah kalori dsb), sangat penting untuk Anda menyiapkan phrasebook untuk memberitahukan waiter Anda bila Anda makan di restoran yang tidak english friendly.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini