Share

Tips Nyaman Berlibur ke Luar Negeri Meski Dana Terbatas

Agregasi Cermati.com, Jurnalis · Jum'at 06 Mei 2016 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 06 406 1381841 tips-nyaman-berlibur-ke-luar-negeri-meski-dana-terbatas-W9kwGk2QHw.jpg foto: ilustrasi

JAKARTA - Berbelanja selama liburan di luar negeri adalah hal yang menyenangkan, terutama bagi kaum perempuan. Rasanya tak lengkap ketika berkunjung ke suatu negara tanpa membeli sesuatu yang bisa dibawa pulang ke negara asal dan diberikan sebagai oleh-oleh bagi rekan maupun keluarga.

Akan tetapi, banyak kasus yang menceritakan malunya berbelanja di luar negeri tapi ternyata uang tunai yang dibawa tidak cukup. Anda beruntung bila masih memiliki kartu debit atau kredit yang bisa digunakan. Bagaimana jika Anda benar-benar harus menggunakan uang tunai sebaik mungkin?

Rasanya agak ganjil untuk membawa uang tunai dalam jumlah banyak ketika Anda berkunjung ke tempat-tempat wisata dan beberapa pusat perbelanjaan. Maka, ada baiknya pula Anda membatasi jumlah uang tunai yang bisa digunakan selama berlibur di negara tujuan. Membatasi uang liburan tersebut sama juga dengan membatasi belanja.

Maka, untuk membantu Anda menikmati liburan dengan uang liburan yang terbatas, kami menyediakan beberapa cara dan tips yang bisa Anda gunakan sebagai patokan untuk mengelola uang Anda saat berwisata.

Perhatikan Biaya Tambahan atau Biaya Komisi

Ketika Anda memutuskan untuk pergi berlibur ke luar negeri, akan ada banyak biaya tambahan yang harus Anda bayar mulai dari pemesanan tiket hingga selama berlibur di sana.

Biaya-biaya tambahan yang tidak disatukan dengan biaya utama ini membuat Anda merasa biaya ini cukup kecil namun pengeluaran-nya dalam frekuensi tinggi juga bisa membuat dana pengeluaran Anda menjadi besar. Anda juga masih harus memperhatikan faktor-faktor lain yang menyebabkan dana untuk berlibur ini menjadi lebih besar, salah satunya adalah nilai tukar.

Perhatikan Nilai Tukar Mata Uang

Nilai tukar uang di negara asal dengan negara tujuan pasti berbeda. Apalagi jika Anda bepergian ke negara-negara maju yang diketahui memiliki nilai tukar jauh lebih tinggi dibanding mata uang negara Indonesia. Nilai tukar ini pun tak sama antara pusat penukaran uang yang satu dengan yang lainnya. Maka, pastikan ke mana Anda akan pergi berlibur lebih dulu. Jika hanya dalam lingkup wilayah Asia, tukarkan uang Anda dengan uang setempat di wilayah Asia saja.

Perhatikan Tingkat Suku Bunga

Ketika Anda berencana meminjam uang tunai yang akan digunakan untuk berbelanja selama di negara tujuan dengan menggunakan kartu kredit, maka ketahui suku bunga yang berlaku. Bila Anda tidak ingin membayar bunga tersebut, Anda harus siap mengisi kartu kredit dengan dana yang lebih sebelum pergi.

Pastikan Anda juga mematuhi ketentuan serta persyaratan yang ada. Hati-hati, ketika Anda tidak teliti Anda bisa saja termakan dengan persyaratan tersembunyi yang mungkin menimbulkan pajak bunga ketika Anda melakukan transaksi tarik tunai.

Perhatikan Adanya Biaya Transaksi

Perhatikan bahwa ketika berbelanja Anda akan dikenakan biaya transaksi. Persentasenya mungkin terbilang relatif sedikit namun semakin tinggi belanja yang Anda lakukan, semakin tinggi pula biaya transaksi yang harus Anda bayarkan.

Membatasi Pengeluaran Saat Liburan Tidak Selalu Menyebalkan

Membatasi uang tunai saat berlibur mungkin menjadi hal yang menyebalkan bagi sebagian orang. Namun ketahuilah ada manfaat dibalik maksud memberikan batasan uang liburan tersebut. Anda tidak perlu membawa terlalu banyak uang tunai tersebut sehingga Anda lebih bisa mengontrol pengeluaran dengan memilih barang yang sungguh-sungguh diperlukan.

Anda juga akan lebih aman ketika berjalan-jalan karena tidak terlalu menarik perhatian orang lain. Terakhir, Anda perlu ingat bahwa selepas kembali dari liburan Anda masih memiliki kehidupan yang harus dibiayai. Jangan dihabiskan ketika Anda sedang berlibur.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini