Share

6 Alasan Sulit Mendapat Panggilan Kerja dengan Cepat

Fahmi Abidin Achmad, Okezone · Selasa 24 Mei 2016 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 24 196 1396396 6-alasan-sulit-mendapat-panggilan-kerja-dengan-cepat-7r8yqEDji2.jpg Ilustrasi menunggu panggilan kerja. (Foto: Qerja.com)
A A A

APAKAH Anda tahu kesalahan dan alasan lain yang dapat merebut peluang Anda dihubungi untuk bekerja? Meskipun memiliki CV yang bagus belum tentu Anda akan mendapatkan panggilan kerja dengan cepat.

Meski Anda sudah menuliskan sejumlah keahlian, pengalaman, prestasi, mengecek kesalahan pengejaan, hingga tata bahasa, namun tidak mendapatkan panggilan kerja maka sepatutnya Anda menyadari beberapa kesalahan di dalam CV Anda berikut ini.

1. Tidak Relevan

Walaupun CV Anda terlihat keren, jika pengalaman dan pendidikan Anda tidak sesuai dengan posisi yang mereka butuhkan, maka berkas Anda akan dipinggirkan. Cermati dulu deskripsi pekerjaan untuk posisi yang Anda lamar. Terkadang, Anda hanya perlu mengubah sedikit susunan kalimat untuk menonjolkan keahlian yang dicari perusahaan.

2. Tidak Mendetail

Anda hanya mencantumkan keahlian Anda dan pengalaman dalam bentuk daftar tanpa keterangan tambahan. Berikan penjelasan ekstra mengenai keahlian dan pengalaman Anda serta bagaimana mereka membantu pekerjaan Anda sebelumnya, baik saat Anda membantu dalam proses set up, membantu meningkatkan profit perusahaan, dan lainnya.

3. Ketahuan 'Memperindah' CV 

Memoles CV boleh saja, tapi jangan coba-coba berbohong. Jangan pernah merombak informasi dalam CV hanya untuk membuat recruiter terkesan, baik nilai IPK Anda, jabatan Anda, atau periode kerja Anda. Beberapa recruiter akan mengecek informasi yang Anda sertakan melalui telepon ke instansi yang berkaitan atau menanyakan langsung saat wawancara. Jika ternyata tidak sesuai dengan kenyataan, CV Anda pun akan masuk tempat sampah.

4. Terdeteksi Sebagai Kutu Loncat

Jika CV Anda berisi pengalaman kerja singkat di beberapa perusahaan dalam setahun, kemungkinan besar recruiter akan tidak tertarik. Sering berpindah kerja dalam waktu singkat dapat membuat pihak perusahaan potensial meragukan loyalitas Anda. 

5. Terlalu Lama Menganggur

Ada periode vakum panjang antara pekerjaan lama dan sekarang yang membuat pihak perusahaan mempertanyakan kemampuan Anda mendapat pekerjaan baru dan apa saja yang Anda lakukan sepanjang waktu tersebut. Namun jika Anda memang sudah lama berhenti kerja dan kini dapat kesempatan untuk wawancara lagi, ikuti petunjuk berikut untuk menjelaskan periode vakum kerja.

6. Kesalahan Cover Letter

Cover letter adalah elemen yang sangat penting dalam lamaran pekerjaan Anda. Bila perusahaan secara spesifik meminta agar Anda menyertakan cover letter saat melamar, besar kemungkinan Anda juga akan dinilai melalui keapikan cover letter yang Anda kirimkan. Bisa jadi kesalahan di cover letter menjadi alasan utama Anda ditolak. Jika perusahaan tidak meminta pun, Anda tetap harus menulis email pembuka saat mengirimkan CV.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini