Share

Jelang Puasa, Harga Bawang Merah Naik 36%

Dedy Afrianto , Okezone · Selasa 24 Mei 2016 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 24 320 1396431 jelang-puasa-harga-bawang-merah-naik-36-kHC6DKS2mE.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Harga bawang merah saat ini masih menjadi ancaman bagi pemerintah untuk dapat mengendalikan inflasi. Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin, harga bawang merah pada bulan ini tercatat mengalami kenaikan sebesar 36 persen dibandingkan tahun lalu.

"Dibandingkan year on year, harga bawang bulan ini sudah naik 36 persen dibandingkan tahun lalu,” kata Kepala BPS Suryamin di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (23/5/2016).

(Baca Juga: Waktu Semakin Singkat Turunkan Harga Pangan)

Untuk itu, saat ini pemerintah tengah berupaya untuk menurunkan harga bawang. Dikhawatirkan, harga bawang merah nantinya akan melonjak meskipun Kementerian Pertanian mengklaim bahwa bawang merah telah mengalami surplus.

Namun, Suryamin mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir. Pasalnya, hingga saat ini harga bawang masing berada dalam kendali pemerintah.

"Masih (terkendali) ya, enggak ada masalah," tukasnya.

(Baca Juga: Harga Bawang Ditargetkan Rp25 Ribu, Daging Rp80 Ribu/Kg)

Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN Rini Soemarno mengungkapkan bahwa harga bawang merah saat ini masih melambung tinggi. Harga bawang saat ini berada pada level Rp41 ribu atau jauh dari target pemerintah sebesar Rp25 ribu. Untuk itu, pemerintah akan bersinergi agar harga bawang merah dapat dikendalikan menjelang bulan Ramadan.

"Jadi kita melihat bagaimana bawang merah itu Rp 41 ribu (per kg), padahal targetnya itu Rp25 ribu," ungkap Rini.

"Hal-hal apa detil yang harus kita lakukan, ya kita lakukan gitu," tutup Rini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini