Share

TERPOPULER: Gaji Ke-13 dan 14 PNS Harus Diimbangi Kestabilan Harga Pangan

Feby Novalius , Okezone · Selasa 24 Mei 2016 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 24 320 1396738 terpopuler-gaji-ke-13-dan-14-pns-harus-diimbangi-kestabilan-harga-pangan-BLT0wbxfX0.jpg Ilustrasi PNS. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Pemerintah mengungkapkan bahwa gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil akan cair pada Juli 2016. Percairan ini beriringan dengan tunjangan hari raya (THR).

Ekonom BCA David Sumual menuturkan, pemberian gaji-13 dan THR harus diiringi dengan kebijakan pemerintah yang bisa menstabilkan harga kebutuhan pangan selama puasa dan menjelang Lebaran 2016. Karena, percuma jika harga pangan naik, daya beli msayarakat pun pasti menurun.

"Para pedagangan kan sudah mengetahu bahwa ada pemberian gaji ke-13 dan THR PNS. Ini momentum mereka ditambahlagi puasa dan Lebaran. Pedagang mulai menaikan harga. Secar rill malah daya beli menurun, jadi percuma ada gaji ke-13 dan THR,"tuturnya kepada Okezone.

Menurut David, sudah waktunya pemerintah bisa kendalikan harga pangan yang biasanya naik menjelang puasa dan Lebaran. Negara-negara lain, malah menjadikan hari raya untuk memberikan diskon bukan malah moment menaikan harga.

"Gaji ke-13 itu kan menambah pendapatan dan daya beli dan tidak diikuti kenaikan harga. Kenaikan harga ini yang harus dikendalikan, masa berpuluh-puluh tahun harga naik terus," ujarnya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini