Share

Marwan Apresiasi Pendirian Sekolah Desa di Bone

ant , Jurnalis · Selasa 24 Mei 2016 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 24 340 1396424 marwan-apresiasi-pendirian-sekolah-desa-di-bone-qXtldslPVq.jpg Foto: Okezone
A A A

JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengapresiasi langkah Aliansi LSM Bone (ALB) yang menginisiasi adanya Sekolah Desa di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Marwan menilai keberadaan Sekolah Desa yang dimaksudkan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat dan aparatur desa bernilai positif untuk kemajuan desa kedepan.

"Sekolah Desa tentu bisa membantu pemerintah dalam menjelaskan beberapa aturan pemerintah dan menggiatkan masyarakat. Karena kenyataannya masyarakat belum tahu banyak peraturan- peraturan tentang desa," ujar Marwan dalam keterangannya, Selasa (24/5/2016).

Marwan memuji langkah para pegiat LSM di Kabupaten Bone yang mampu bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mencetuskan gagasan Sekolah Desa.

"Bersyukur ada sinergi yang baik antara pemerintah dengan pegiat LSM. Sekolah desa bisa memberikan pemahaman yang lebih komplet tentang peraturan - peraturan desa. Saya ingin datang lagi dan melihat secara langsung kenyataan di lapangan," tandasnya.

Dia juga menyarankan, Sekolah Desa ini juga melibatkan perguruan tinggi. Karena kehadiran Sekolah Desa, harus mampu memberikan nilai tambah kepada masyarakat.

"Sekolah Desa kalau bisa melibatkan perguruan tinggi. Karena perguruan tinggi selain memiliki fungsi akademik juga memiliki fungsi pengabdian masyarakat," ujarnya.

Namun dia juga mengingatkan Sekolah Desa yang dimaksudkan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat dan aparatur desa, tidak boleh menggunakan dana desa.

"Tapi saya tegaskan kegiatan Sekolah Desa ini tidak boleh menggunakan dana desa. Kalau misalnya LSM ingin melakukan pendampingan, pencerahan transfer of knowledge bisa dicarikan dana yang lain. Bekerjasama dengan kementerian, ataupun dengan pemerintah daerah,"tegasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini