Share
Advertisement

Bukti Baru Kuatkan Adanya Aliran Air di Mars

Aditya Gema Pratomo , Jurnalis-Rabu 25 Mei 2016 04:06 WIB
Permukaan Mars (foto:NASA)
Permukaan Mars (foto:NASA)
A
A
A

ATLANTA - Bukti keberadaan aliran air di Mars memang sudah banyak diketahui masyarakat. Terkini, dalam sebuah temuan terbaru, terungkap bukti bahwa air pernah mengalir di Mars semakin kuat.

Dalam sebuah studi yang digagas oleh Institut Teknologi Georgia menemukan bahwa sekira 3,8 miliar tahun yang lalu planet Mars adalah tempat yang ramah bagi kehidupan.

Para peneliti juga menemukan kandungan karbonat di bawah permukaan planet merah. Temuan ini memberi sinyal bahwa di masa lalu, planet Mars jauh lebih hangat dan basah dibandingkan masa kini.

"Penemuan karbonat kuno dan tanah liat di Mars mengarah kepada kondisi iklim Mars di masa lalu. Sekarang Mars lebih terlihat sebagai gurun," kata janice Bishop, salah satu peneliti yang terlibat.

Untuk menemukan kandungan karbonat, tim peneliti harus menyusuri kawah Huygens. Tempat ini dianggap ideal untuk penelitian karena telah terbentuk sejak lama.

Penemuan ini memberikan sinyal positif terhadap penelitian di Mars. Sebelumnya, para peneliti kesulitan menemukan bukti fisik yang menunjukan adanya aliran air. Mereka percaya batu yang memiliki kandungan karbonat adalah sinyal akan kehadiran air. Demikian seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (24/5/2016).

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement