Share

Haibatullah Akhundzada, Nama Pemimpin Baru Taliban

Ahmad Taufik , Okezone · Rabu 25 Mei 2016 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 25 18 1397392 haibatullah-akhundzada-nama-pemimpin-baru-taliban-nf5fh7lhhi.jpg Pasukan Taliban (Foto: Reuters)
A A A

KELOMPOK militan Taliban di Afghanistan telah mengumumkan pemimpin baru untuk menggantikan pemimpin lama, Mullah Akhtar Mansour yang tewas akibat serangan pesawat tanpa awak milik Amerika Serikat (AS).

Dalam sebuah pernyataannya, kelompok Taliban untuk pertama kalinya mengakui kematian Mansour dan langsung mengumumkan nama penggantinya yaitu Mawlawi Haibatullah Akhundzada. Demikian sebagaimana dilansir BBC, Rabu (25/5/2016).

Sebelum ini diketahui, Mansour tewas akibat serangan terhadap mobilnya di Provinsi Balochistan, Pakistan.

Mansour diangkat sebagai pemimpin Taliban pada Juli 2015. Ia ditunjuk untuk menggantikan pendiri dan pemimpin spiritual Taliban, Mullah Mohammad Omar.

Pengganti Mansour yaitu Mawlawi Haibatullah Akhundzada sebelum ini adalah salah satu wakil pemimpin Taliban di Afghanistan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(FIK)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini