Share

Palestina Atur Pertemuan Imam Al Azhar dengan Paus Fransiskus

Wikanto Arungbudoyo , Okezone · Rabu 25 Mei 2016 23:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 25 18 1397822 palestina-atur-pertemuan-imam-al-azhar-dengan-paus-fransiskus-KlXwKpqL3z.jpg Imam Besar Al Azhar Ahmed al Tayeb bersama Paus Fransiskus (Foto: Max Rossi/Reuters)
A A A

YERUSALEM – Paus Fransiskus melakukan pertemuan bersejarah dengan Imam Besar Al Azhar Ahmed al Tayeb di Vatican City, Vatikan. Otoritas Palestina mengklaim sedikit banyak memiliki peran dalam catatan sejarah tersebut.

Seperti diwartakan Middle East Monitor, Rabu (25/5/2016), Menteri Urusan Agama Palestina Mahmoud al Habbash mengaku pertemuan tersebut terjadi setelah adanya tidak lanjut Presiden Mahmoud Abbas dan diplomat lainnya dengan kedutaan besar mereka di Vatikan.

Al Habbash mengatakan para pemimpin Palestina kini memantau secara hasil pertemuan antara dua pemimpin umat agama tersebut.

Pusat informasi Al Azhar menyampaikan dalam pertemuan bersejarah itu kedua pemimpin sepakat untuk mengoordinasikan upaya-upaya memperkuat perdamaian dan menyebarkan budaya toleransi, koeksistensi negara-negara serta melindungi orang-orang dari kekerasan, ekstremisme, kemiskinan, dan penyakit.

Pertemuan tersebut mengakhiri kebuntuan kedua lembaga selama lima tahun terakhir. Al Azhar memutuskan hubungan dengan Vatikan setelah Paus Benediktus XVI mengaitkan Islam dengan kekerasan pada 2006. Hubungan sempat membaik. Namun, pada 2008 hubungan keduanya kembali memburuk setelah Paus Benediktus berkomentar mengenai penyerangan terhadap gereja Mesir.

Juru bicara Vatikan Federico Lombardi menambahkan, kedua pemimpin agama terbesar di dunia itu terutama membahas tentang sejumlah tantangan umum yang tengah dihadapi dunia dalam segi keimanan, baik oleh para pemuka agama maupun kaum beriman di seluruh dunia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini