Share

Seperti Ini Harusnya Menjadi Remaja Berkualitas

Afiza Nurmuseriah, Okezone · Kamis 26 Mei 2016 03:26 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 25 196 1397601 seperti-ini-harusnya-menjadi-remaja-berkualitas-pULUN0YxDp.jpg Remaja masa kini (Foto: Huffingtonpost)
A A A

MEMBUAT generasi penerus lebih mencintai Tanah Air dan mau mengabdi untuk pembangunan negeri memang bukan hal yang mudah. Ada banyak kendala karena pemuda di Indonesia tidak sedikit, yakni 62,5 juta jiwa dari berbagai status sosial dan taraf pendidikan.

Remaja biasanya akan lebih tertantang ketika ada remaja atau pemuda lain yang bergerak atau melakukan aksi yang bermanfaat untuk orang banyak. Untuk itu, pemuda yang notabene memiliki energi yang berlebih sekiranya harus mempunyai ‘wadah’ positif agar tenaga mereka tersalurkan untuk berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Hal yang harus dikuatkan dalam pembangunan terutama di desa-desa Indonesia adalah di bidang kesehatan dan pendidikan.

Ketua Koalisi Muda Kependudukan, Kartini Laras Makmur mengatakan, remaja bisa bergabung dengan sebuah komunitas. Hal tersebut ia katakan di sela dialog kampus mengenai Peran Remaja Membangun Desa yang bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Universitas Muhammadiyah Gresik baru-baru ini.

“Anak-anak muda bisa bergabung dengan komunitas atau organisasi yang mendalami kedua bidang itu. Ada organisasi namanya 'Gerakan Indonesia Mengajar' yang fokus dengan bidang pendidikan. Ada organisasi yang bergerak di bidang kesehatan seperti pencerah nusantara. Itu organisasi-organisasi bagus yang bisa bikin kita menjadi bermanfaat bagi masyarakat khususnya di desa-desa.”

Masih dalam dialog yang sama, perwakilan dari United Nations Population Fund (UNFPA), Anggraini Sari Astuti mengatakan, remaja harus selalu bisa berinovasi dan terus kreatif. Remaja juga perlu ‘showcase’ kepada pemangku kepentingan agar bisa terfasilitasi.

“Remaja harus selalu berinovasi dan kreatif, sudah banyak lho yang berinovasi untuk pembangunan. Tak usah susah-susah misalnya membuat kampanye digital yang memang dekat dengan remaja masa kini,” tutup Anggraini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini