Share
Advertisement

Telkom Indonesia Diam-Diam Sisipkan Iklan di Website

Ilustrasi (Foto: Okezone)
Ilustrasi (Foto: Okezone)
A
A
A

JAKARTA - Praktek Intrusive Advertising atau iklan liar yang muncul di website secara tiba-tiba sempat heboh pada September 2014. Ada indikasi bahwa praktek tersebut masih dilakukan oleh operator, seperti yang diungkap pada posting-an pengguna Medium.com, Raymond Reddington.

Disebutkan Telkom Indonesia diam-diam memasukan javascripts yang memungkinkan website menampilkan iklan di bagian atas halaman. Hal ini dilakukan tanpa diketahui oleh sang pemilik website.

"Praktek curang ini telah berlangsung selama bertahun-tahun tanpa tindakan dari pemerintah," tulis Raymond di website Medium.com.

Menurutnya, perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia ini secara rahasia menginjeksi iklan ke dalam setiap halaman website non-secure (HTTP) yang dilihat oleh pelanggan mereka.

Raymond menjelaskan, Telkom mengendus lalu lintas antara browser dan SO, dan menginjeksi kode JavaScript ke dalam halaman SO dalam perjalanan ke browser pengguna. Bila script telah dimuat ke browser pengguna, ini akan memberitahu ke 'ad server' Telkom untuk mendapatkan iklan.

Ketika mendapat satu, ini akan memuat lebih banyak aset yang diperlukan untuk menampilkan iklan kepada Anda. Karenca script itu, laman yang Anda lihat setidaknya menjadi 125KB lebih berat dan tentu membuat lambat.

Hal ini tampaknya akan merugikan pengguna yang menggunakan koneksi berbasis waktu atau volume (time/volume-based). Pengguna harus membayar lebih untuk kuota data atau KB ekstra dan itu tidak gratis.

(ahl)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement