Share

Kementan Buka Suara soal Rencana Impor Bawang Merah Ribuan Ton

Dedy Afrianto , Okezone · Kamis 26 Mei 2016 05:22 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 25 320 1397817 kementan-buka-suara-soal-rencana-impor-bawang-merah-ribuan-ton-4268vQ30hB.jpg Ilustrasi : Okezone
A A A

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution berencana akan melakukan impor terhadap bawang merah menjelang memasuki bulan Ramadan. Rencana ini diungkapkan oleh Darmin usai rapat koordinasi mengenai persiapan harga pangan pada bulan Ramadan.

Rencananya, impor bawang akan dilakukan pada kisaran 2.500 hingga 5.000 ton. Rencana ini impor ini dilakukan untuk menstabilkan harga bawang merah yang saat ini masih menyentuh hingga Rp41.000 per kg.

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Gardjita Budi tidak mempersoalkan rencana impor bawang yang dilakukan menjelang bulan Ramadan. Menurutnya, rencana ini juga layak untuk diterapkan agar kebutuhan masyarakat dapat tercukupi pada saat bulan Ramadan dan Lebaran.

[Baca juga: Mentan: Tidak Perlu Impor Bawang]

"Saya belum tahu pastinya, yang penting mencukupi pasokan bulan puasa dan Lebaran," kata Gardjita kepada Okezone.

Rencana impor ini pun diharapkan tak hanya dapat menurunkan harga bawang merah yang saat ini masih melejit. Diharapkan, impor ini nantinya dapat mencukupi kebutuhan bawang merah pada berbagai daerah di Indonesia.

Impor ini pun juga diharapkan dapat menambah stok bawang merah saat ini. Berdasarkan data Kementan, saat ini total produksi bawang merah mencapai 241.600 ton, jauh lebih tinggi apabila dibandingkan kebutuhan saat ini sebesar 175.600 ton.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini