Share

Semasa Kuliah di Unpad, Megawati Dikenal Pintar Namun Tak Bisa Bersepeda

Oris Riswan , Okezone · Rabu 25 Mei 2016 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 25 337 1397167 semasa-kuliah-di-unpad-megawati-dikenal-pintar-namun-tak-bisa-bersepeda-yjHl2ABJwH.jpg Ilustrasi (dok. Okezone)
A A A

BANDUNG - Megawati Soekarnoputri akan diberi gelar doktor honoris causa dalam bidang politik dan pemerintahan dari Universitas Padjadjaran (Unpad), hari ini. Apa kata teman-teman Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) soal pemberian gelar doktor tersebut?

Megawati sendiri bukan nama asing di Unpad. Sebab ia pernah kuliah di Unpad pada 1965, tepatnya di Fakultas Pertanian. Nurpilihan Bafdal pun jadi salah seorang teman dekat Megawati saat itu.

Di mata Nurpilihan, Megawati adalah sosok yang rajin dan teliti selama kuliah dulu. Itu diketahuinya dari kebersamaannya dengan anak Proklamator Ir. Soekarno tersebut selama masa-masa kuliah.

Dia ingat saat itu Megawati tinggal di kawasan Rancabentang, Kota Bandung. Sedangkan Nurpilihan tinggal di kawasan Tubagus Ismail. Megawati dan Nurpilihan pun sering belajar bersama, baik di tempat tinggal Megawati maupun di tempat kost Nurpilihan.

"Apakah beliau pintar? Beliau itu teliti setahu saya. Beliau itu rajin sekali. Tulisannya bagus, rapi," ujar Nurpilihan di Kampus Unpad, kemarin.

Dia sendiri tahu bagaimana masa-masa Megawati kuliah yang saat itu Fakultas Pertanian berada di Jalan Maulana Yusup, Kota Bandung. "Ibu Mega itu karena beliau putri Presiden, tiap hari dikawal, ada tiga mobil Cakrabirawa. Cakrabirawa juga masuk ke ruangan untuk mengawasi," ungkapnya.

Soal predikat Megawati yang tidak lulus dari Unpad, Nurpilihan menyebut mantan Presiden itu bukan drop out. Tapi kondisi keamanan saat itu tidak memungkinkan Megawati untuk meneruskan kuliah.

"Setelah dua bulan lebih beliau kuliah, maka terjadilah Gestapo, waktu itu sedang hangat-hangatnya sehingga beliau tidak dibenarkan lagi untuk kuliah dengan alasan keselamatan," jelasnya.

Alhasil, Megawati harus kembali ke Jakarta dan meninggalkan bangku kuliah. Kebersamaan Nurpilihan dengan Megawati semasa perkuliahan pun berakhir.

Meski kebersamaannya dengan Megawati cukup singkat, hal itu cukup berkesan bagi Nurpilihan. Apalagi hingga kini Megawati dinilai mampu membuktikan diri sebagai pemimpin. Megawati pernah jadi wakil presiden, presiden, dan sampai sekarang menjabat Ketua Umum PDIP.

Pemberian gelar doktor honoris causa yang akan diberikan oleh Unpad pun dinilai layak jika menilik kapasitas Megawati. "Saya merasa bangga teman sekelas saya diberi penghargaan doktor honoris causa dari universitas yang dimana Ibu Mega pernah kuliah disini," tuturnya.

Musisi balada Iwan Abdurachman pun ikut mengungkapkan rasa bangganya. Iwan sendiri cukup dekat semasa kuliah dengan Megawati. Bahkan selama masa pra mahasiswa (mapram) atau ospek, Iwan sering membonceng Megawati menggunakan sepeda.

"Saya kenal beliau sebelum masuk Unpad karena kakaknya (Guntur Soekarnoputra) kan teman saya. Waktu masuk kuliah, Guntur bilang sambil bercanda 'adik gua pinter, cuma kurangnya dia enggak bisa naik sepeda'," ungkap Iwan.

Selama dua minggu, Iwan mengaku merasa seperti pahlawan karena setiap hari membonceng Megawati menggunakan sepeda. "Saat itu beliau masih muda, slim, langsing sekali, tapi sekarang juga masih cantik. Saya tahu betul dia orang yang pandai," paparnya.

Senada dengan Nurpilihan, Iwan juga merasa bangga Megawati diberi gelar doktor honoris causa. Pemberian gelar itu sesuai dengan kemampuan Megawati.

"Saya bersyukur besok beliau mendapat gelar akademik yang menurut saya sangat patut untuk disandang oleh beliau. Kapasitas kepemimpinannya sudah tidak diragukan. Waktu membuktikan beliau punya kapasitas luar biasa sebagai wanita di Indonesia," tandas Iwan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini