Share

Hari Jadi Bogor, 1.000 Orang Akan Ramaikan Tradisi Ngubek Situ

Putra Ramadhani Astyawan , Okezone · Rabu 25 Mei 2016 17:59 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 25 338 1397639 hari-jadi-bogor-1-000-orang-akan-ramaikan-tradisi-ngubek-situ-Iy3jUnCQ8h.jpg SItu Gede, Bogor (Foto: Putra/Okezone)
A A A

BOGOR - Menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) ke-534, Tradisi Ngubek Situ akan kembali digelar warga Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat. Tradisi ini merupakan budaya Sunda yang juga diselenggarakan dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Ketua LPM Kelurahan Situ Gede, Eman, menjelaskan bahwa Tradisi Ngubek Situ selain untuk melestarikan budaya Sunda mengambil ikan menjelang bulan suci Ramadan, juga untuk mengingatkan tentang potensi wisata yang ada. Ia pun berharap Pemkot Bogor bisa memaksimalkan Situ Gede sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Bogor.

"Kami berharap dengan kegiatan ini pemerintah daerah bisa lebih memerhatikan Situ Gede yang memiliki potensi wisata yang pada akhirnya akan menghidupkan ekonomi kreatif warga sekitar," katanya, Rabu (25/5/2016).

Eman menambahkan, panitia menyatakan peserta bebas dan diperuntukkan bagi umum, tetapi peserta tetap harus mematuhi tata tertib serta persyaratan. Persyaratan tersebut, antara lain, peserta berusia minimal 15 tahun, memiliki kondisi sehat, tidak mengidap penyakit, dan harus bisa berenang.

Sementara untuk peserta dari luar Kota Bogor harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp50 ribu. Uang ini nantinya digunakan panitia untuk penambahan pembelian ikan.

Demikian pula bagi peserta yang membawa rakit sendiri bahannya harus dari bambu dan tidak boleh menggunakan gedebong pisang. Sedangkan bagi peserta yang tidak memiliki rakit, jala, dan serokan, pihak panitia juga menyediakan dengan cara disewakan.

"Kami menargetkan untuk peserta menjala 250-300 rakit. Sedangkan peserta ngorobok sebanyak 200-300 orang. Khusus untuk peserta ngorobok, kami juga mensyaratkan harus yang tahu kondisi dan situasi Situ Gede," jelasnya.

Tradisi Ngubek Situ sendiri akan diselenggarakan pada Minggu 29 Mei 2016 mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Bagi masyarakat yang berminat mengikuti kegiatan Tradisi Ngubek Situ dapat menghubungi panitia di Kantor Kelurahan Situ Gede.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini