Share

Waspada, Ini Penyebab Utama Kanker Nasofaring

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2016 18:00 WIB
$detail['images_title']
Kebiasaan merokok penyebab utama kanker nasofaring (Foto: Boldsky)

PENYEBAB utama terjadinya kanker nasofaring adalah infeksi virus yang dapat dicetuskan dari asap. Kanker nasofaring muncul di area atas tenggorok dan hidung belakang. Dr. dr. Cita Herawati, SpTHT-KL mengatakan bahwa ada beberapa hal yang dapat mencetuskan terjadinya kanker nasofaring.

"Kanker ini bisa disebabkan oleh bahan kimia termasuk asap sebagai hasil pembuangannya seperti rokok, dupa atau kemenyan dan kayu bakar, pekerjaan yang menghasilkan serbuk kimia seperti peleburan besi," ujar dr. Cita.

Dr. Cita menambahkan asupan seperti Ikan asin, makanan yang diawetkan, dan makanan yang difermentasikan juga merupakan cikal terjadinya pertumbuhan kanker ini.

"Lebih baik menghindari konsumsi makanan yang mengandung nitrosamineuntuk menghindari risiko ini," kata dr. CIta.

Kanker ini biasanya ditemukan 60% pada pasien yang berusia sekitar 25 hingga 60 tahun. Teritama pada daerah Asia TImur dan Tenggara. Di negara China sendiri kasus KNF terjadi 40 - 50 kasus di antara 100.000 penduduk. Melihat ini, dr. Cita mengatakan bahwa masyarakat China mengonsumsi ikan asin sejak kecil dan membuat angka penderita kanker cenderung tinggi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)