Share

Cinta Beda Agama Jadi Penyebab Rumah Kristen Koptik Dibakar

Wikanto Arungbudoyo , Okezone · Jum'at 27 Mei 2016 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 26 18 1398777 cinta-beda-agama-jadi-penyebab-rumah-kristen-koptik-dibakar-GbxYqWY2ib.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
A A A

KARAM – Umat Islam warga sebuah desa di selatan Kairo, Mesir, membakar habis tujuh rumah milik umat Kristen Koptik. Penyebab tindakan brutal itu diyakini karena cinta beda agama antara seorang pria Kristen Koptik dengan perempuan Muslim.

Pendeta Koptik Mesir, Tawadros II, meminta semua pihak untuk tenang atas insiden yang terjadi di Desa Karam, Provinsi Minya, tersebut. Otoritas setempat juga sudah berjanji kepada Pendeta Tawadros untuk memburu pelaku dan mengadili mereka sesuai hukum yang berlaku.

Seperti dimuat Middle East Online, Jumat (27/5/2016), insiden pembakaran itu terjadi pada 20 Mei 2016. Keluarga si pria disebut telah memberi tahu polisi bahwa mereka menerima ancaman dari warga. Namun, polisi butuh waktu agak lama untuk merespons laporan tersebut hingga insiden tersebut terjadi.

Selama serangan, sejumlah pria bersenjata menjarah dan membakar tujuh rumah milik umat Kristen Koptik. Bahkan, ibu si pria tersebut ditelanjangi dan diarak keliling desa oleh para pelaku.

Kristen Koptik yang menjadi umat mayoritas di Mesir mengalami penyiksaan dan diskriminasi secara sistematis di bawah pemerintahan mantan Presiden Hosni Mubarak selama 30 tahun. Mereka seperti memiliki harapan ketika Mubarak digulingkan lewat kudeta pada 2011.

Keadaan semakin buruk ketika Mohamad Mursi naik takhta menggantikan Mubarak. Namun, harapan kembali muncul ketika kudeta pada 2013 terjadi di bawah komando Abdel Fattah el Sisi yang kini menjadi presiden.

El Sisi dipuji oleh kalangan Muslim dan Kristen Koptik sebagai penyelamat. Mereka berharap diskriminasi dan penyiksaan di bawah El Sisi semakin berkurang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini