Share

Dirut MNC Securities: Jangan Biarkan Asing Menikmati Pasar Modal Kita

Dhera Arizona Pratiwi , Okezone · Kamis 26 Mei 2016 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 26 278 1398557 dirut-mnc-securities-jangan-biarkan-asing-menikmati-pasar-modal-kita-2sAf9PPYE1.jpg Ilustrasi pasar modal. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah naik signifikan. Adapun kenaikannya sebesar 317 persen. Kenaikan ini pun mengindikasikan semakin banyak investor yang berminat dengan dunia pasar modal. Sayangnya, 'manisnya' dunia pasar modal Indonesia tidak dirasakan oleh investor dalam negeri.

Direktur Utama MNC Securities Susy Meilina mengatakan, pasar saham sebenarnya memiliki daya tarik tersendiri bagi para investor baik asing maupun lokal. Sebab, merupakan suatu tempat investasi yang memberikan hasil pendapatan (yield) lebih tinggi.

Akan tetapi, dengan dijanjikan imbal hasil yang tinggi, keuntungan yang didapat dalam dunia pasar saham Indonesia, justru malah direguk oleh asing.

Sekitar 70 persen keuntungan yang diperoleh dari pasar saham dinikmati asing. Ini diakibatkan oleh karena investor asing lebih tahu cara berinvestasi saham. Sedangkan masyarakat Indonesia belum mengerti cara berinvestasi hingga memetik hasilnya.

"Saham itu betapa menariknya pasar modal kita. Tapi yang menikmati asing, 70 persen. Ibarat apel yang merah, ranum dari pasar modal, asing bisa naik, metik, makan. Indonesia belum mengerti cara naik pohon, metik apelnya," ujarnya di Putri Duyung Ancol, Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Dia menjelaskan, investasi dalam bentuk saham lebih baik dibandingkan jenis investasi lain seperti menabung dan deposito. Sebab, saham dapat mengimbangi angka inflasi.

"Sisi terakhir lebih baik dari menabung, deposito. Saham tetap paling baik untuk mengimbangi angka inflasi," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini