Share

Bukaka Perkuat Ekspor Pumping Unit

Koran SINDO , Jurnalis · Kamis 26 Mei 2016 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 26 320 1398260 bukaka-perkuat-ekspor-pumping-unit-0WHOYaLpZI.jpg Ilustrasi : Shutterstock
A A A

DURI – PT Bukaka Teknik Utama (Bukaka), perusahaan yang meliputi bidang engineering dan manufacturing, terus memperkuat ekspor pumping unit untuk menunjang produksi minyak bumi.

Direktur Keuangan dan Operasional PT Bukaka Teknik Utama Sofiah Balfas mengatakan, untuk mengantisipasi penurunan permintaan yang lebih tajam, perusahaan harus memasuki pasar ekspor. Dengan produk gear box Bukaka yang sudah mendapat sertifikat American Petroleum Institute (API) bisa dipakai di pasar internasional.

”Ada dua kemungkinan, kita menyuplai pumping unit secara utuh atau kita suplai gear box -nya saja. Structure bisa kita bikin di luar negeri,” ujar dia di Duri, Pekanbaru, Riau. Sofiah menjelaskan, setiap produksi pumping unit Bukaka mengacu pada standar kualitas dan prosedur pengujian.

Bukaka juga telah mendapatkan sertifikat API untuk desain Pumping Unit Gear Reducer pada 30 Januari 2015. Menurut dia, keberhasilan Bukaka mendapatkan sertifikat API untuk desain Pumping Unit Gear Reducer menempatkan Bukaka sebagai perusahaan pertama dan satu-satunya pemegang sertifikasi API Gear Reducer di Indonesia. ”Dengan gear box Bukaka, kita akan bisa bersaing dengan China. Kita yakin kualitas lebih baik dan kita bisa bersaing dengan China,” terangnya.

Sofiah menuturkan, Bukaka telah menyuplai ke perusahaan Gharib Oil Pte Ltd di Mesir. Saat ini Bukaka sedang membangun workshop di negara Oman dengan Maktoom Pte Ltd. ”Kita sedang melakukan approach dengan perusahaan besar di Oman. Itu nanti gear box dan beberapa komponen dari kita,” ujarnya.

Sofiah melanjutkan, sampai saat ini pumping unit Bukaka telah diproduksi sebanyak 5.327 unit dan telah beroperasi di sejumlah ladang minyak bumi di Indonesia. ”Sekitar 83 persen dari total produksi pumping unit Bukaka atau sekira 4.400 unit beroperasi di site Duri dan sisanya tersebar di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Pumping unit Bukaka merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh Divisi Oil-Gas Equipment and Plant System (OGEPS). Saat ini Divisi Oil- Gas Equipment and Plant System mendapat kepercayaan untuk mengelola jasa-jasa pengadaan, pemasangan, dan pemeliharaan Pompa Angguk di field Duri. Kontrak kerja sama ini berlangsung selama lima tahun terhitung sejak November 2015.

Sofiah menambahkan, Bukaka telah mengembangkan produksi pumping unit Bukaka untuk pangsa pasar domestik sejak 1986. ”Unit pertamanya beroperasi di site Duri pada Maret 1987 dengan pumping unit type C228-185-144 yang di-supply sebanyak 45 unit,” katanya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini