Share

Bandara Baru Yogyakarta Ditarget Selesai 2019

Koran SINDO , Jurnalis · Kamis 26 Mei 2016 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 26 320 1398264 bandara-baru-yogyakarta-ditarget-selesai-2019-j6WWDk7Czm.jpg Ilustrasi : Okezone
A A A

KULONPROGO – Proyek pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo ditargetkan selesai pada 2019 mendatang. Jika terjadi kemunduran diharapkan pada 2020 sudah harus bisa dioperasikan.

“Memang ada masalah, tetapi itu tidak menjadi kendala serius, masih bisa diatasi,” kata Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo pada Dialog Budaya dan Gelar Seni di Gedung Kaca Kompleks Pemkab Kulonprogo pada Selasa malam. Tahapan bandara saat ini masih menunggu hasil perhitungan yang dilakukan tim appraisal. Mereka harus mengumumkan kompensasi bagi warga maksimal pada 14 Juni mendatang sehingga akan diikuti dengan proses pembayaran ganti rugi.

Karena maksimal pada Agustus harus sudah mulai dilakukan. Pemkab Kulonprogo, kata Hasto, terus berkoordinasi dengan gubernur dan pihak terkait secara intensif. Ini penting agar semua tahapan pembangunan bisa dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. “Setelah hasil appraisal ada, kita akan presentasi di depan Presiden,” tutur Hasto.

Project Manager Persiapan Pembangunan Bandara Inter nasional Yogyakarta Sujiastono menegaskan bandara pasti jadi. Hal ini beralasan karena sesuai dengan amanat UU No 12 pembebasan lahan pasti selesai. “Yang harus disiapkan, masyarakat harus siap dari agraris ke sektor industri,” kata Sujiastono.

Langkah maju juga sudah mulai dilakukan Pemkab Purworejo, Jawa Tengah. Menghadapi Bandara Kulonprogo beroperasi, pihaknya sudah mempersiapkan rencana pembangunan mulai dari sarana-prasarana, seperti hotel di dekat wilayah bandara hingga kemungkinan investasi. “Purworejo sebagai daerah yang dekat dengan wilayah bandara sudah kebelet ( ingin sekali) segera dibangun karena Purworejo bisa mengambil kesempatan ini,” katanya.

Ketua Dewan Penasihat KADIN DIY, Robby Kusumaharta mengatakan, bandara di Kulonprogo bisa menyerap kurang lebih 35 ribu pekerja profesional. Peluang ini harus dipersiapkan mulai dari sekarang. “UKM akan bergairah dengan adanya keberadaan bandara,” tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini