Share

TERPOPULER: Dari 4,5 Juta PNS, 1 Juta di Antaranya Akan Dipecat

Dedy Afrianto , Okezone · Jum'at 27 Mei 2016 07:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 26 320 1398813 terpopuler-dari-4-5-juta-pns-1-juta-di-antaranya-akan-dipecat-JjNBzvbpXn.jpg Ilustrasi PNS. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Pemerintah saat ini tengah merampungkan rencana rasionalisasi jumlah PNS pada berbagai daerah di Indonesia. Rencananya, aturan rasionalisasi ini akan dikeluarkan dalam bentuk Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Menurut Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman, aturan ini akan berlaku pada tahun 2017 mendatang. Rencananya, akan terdapat 1 juta PNS yang akan terkena dampak 'pemecatan' hingga tahun 2019 mendatang.

"Permennya sidang kita finalisasi. Nanti rencananya pada tahun 2019 akan ada 1 juta PNS yang akan rasionalisasi," kata Herman kepada Okezone.

Saat ini, lanjutnya, terdapat 4,5 juta PNS yang nantinya akan dilakukan penilaian kinerja oleh Kemenpan-RB. Pada tahun 2019, ditargetkan jumlah PNS hanya mencapai 3,5 juta PNS.

"Tahun 2019 targetnya jadi 3,5 juta PNS. Jadi ada 1 juta PNS yang akan dirasionalisasikan," jelasnya.

Rasionalisasi PNS ini tidak hanya dilakukan pada pemerintah pusat. PNS pada pemerintah daerah pun juga harus bersiap untuk menghadapi kebijakan ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini