Share

Kodim 0815 Mojokerto Gelar Tes Urine Dadakan

Zen Arivin , Okezone · Kamis 26 Mei 2016 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 26 519 1398122 kodim-0815-mojokerto-gelar-tes-urine-dadakan-knWWneaMAf.jpg Tes Urine TNI. (dok.Okezone)
A A A

MOJOKERTO - Ratusan anggota TNI mengikuti tes urine dadakan di Kodim 0815 Mojokerto, Kamis (26/5/2016). Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya penyalahgunaan narkoba di institunsi TNI.

Tes urine mendadak ini dilakukan sekira pukul 09.30 WIB. Sebanyak 135 personel Kodim 0815 Mojokerto langsung digiring ke Asrama Korem 082 CPYJ (Citra Panca Yudha Jaya Mojokerto.

Selain tim kesehatan internal, dalam kegiatan ini Kodim 0815 Mojokerto juga menggandeng petugas dari Dinas Kesehatan Kota Mojokerto.

"Hari ini kita melaksanakan program P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba). Hal ini dilakukan untuk mencegah peredaran atau penggunaan narkoba di tubuh TNI, khususnya pada anggota Kodim 0815," ujar Dandim 0815 Mojokerto Letkol Inf Djohan Dharmawan.

Ia menambahkan, saat ini peredaran narkoba sudah masuk keseluruh elemen. Tak terkecuali pada instansi TNI. Sehingga upaya-upaya pencegahan harus terus digalakan. Salah satunya yakni dengan menggelar tes urine mendadak kepada anggota TNI.

"Kita juga melakukan pengecekan secara mendadak kepada beberapa anggota yang ada di koramil-koramil. Sehingga ruang gerak anggota yang ingin coba-coba menggunakan narkoba bisa terdeteksi," ungkapnya.

Selain itu, Djohan mengaku akan memberikan sanksi tegas bilamana diketahui ada anggota Kodim 0815 Mojokerto yang positif menggunakan narkoba. Pihaknya tidak akan segan-segan mencopot anggota yang terbukti mengkonsumsi atau mengedarkan narkoba.

"Apabila ada yang terlibat menggunakan narkoba, kita pecat langsung. Sudah banyak contohnya. Makanya setiap tiga bulan sekali kita akan digelar tes urine ini. Waktunya juga tidak kita tentukan dan mendadak seperti ini," ungkapnya.

Pantauan Okezone, dalam kegiatan tes urine ini, tidak ada satupun anggota yang lolos dari pemeriksaan. Seluruh anggota TNI yang bertugas di Makodim 0815 Mojokerto satu per satu menyerahkan urine masing-masing ke petugas. Hingga saat ini pelaksanaan tes urine masih berlangsung.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini