Share

Ini Peserta yang Wajib Ikut Uji Keterampilan SBMPTN 2016

Iradhatie Wurinanda, · Jum'at 27 Mei 2016 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 26 65 1398467 ini-peserta-yang-wajib-ikut-uji-keterampilan-sbmptn-2016-OdPsvPYhUE.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Kemampuan atau keterampilan seseorang dalam bidang ilmu seni dan keolahragaan tidak dapat diukur hanya dengan ujian tertulis atau nilai rapor. Oleh sebab itu, calon mahasiswa yang mendaftar jurusan tersebut pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 tidak cukup hanya mengikuti ujian tulis, tetapi juga harus melewati ujian keterampilan.

Setelah mengikuti ujian tulis pada 31 Mei mendatang, para peserta SBMPTN 2016 dari kelompok jurusan ilmu seni dan keolahragaan akan mengikuti ujian keterampilan pada 1 dan/atau 2 Juni. Lokasi ujian tersebut dapat diikuti di perguruan tinggi negeri (PTN) terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta.

Baik ilmu seni dan keolahragaan sendiri masih terbagi menjadi beberapa cabang ilmu yang lebih spesifik. Bidang seni terdiri atas seni rupa dan seni drama, tari, dan musik (sendratasik).

Pemilih bidang seni rupa wajib mengikuti ujian keterampilan SBMPTN 2016. Mereka adalah peserta yang memilih program studi pendidikan seni rupa, seni rupa/seni rupa murni, desain, media rekam, dan kria seni. Cabang desain sendiri meliputi desain produk, desain komunikasi visual/desain grafis, dan desain interior. Kemudian media rekam meliputi fotografi, televisi dan film, serta animasi/media digital. Selanjutnya kria seni terbagi menjadi pendidikan kria, kria kulit, kria logam, kria tekstil, kria kayu, dan kria perhiasan. Sedangkan bidang sendratasik terdiri atas pendidikan sendratasik, pendidikan seni musik, dan pendidikan seni tari.

Ujian keterampilan SBMPTN 2016 juga harus dijalani pemilih bidang keolahragaan. Ujian ini berlaku bagi peserta SBMPTN 2016 yang memilih ilmu keolahragaan, pendidikan olahraga, dan pendidikan kepelatihan olahraga (PKO). Pendidikan olahraga sendiri memiliki beberapa cabang ilmu, yakni pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi (PJKR), pendidikan jasmani dan kesehatan (PJK), pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), pendidikan Jasmani (S-1).

Berdasarkan data Panitia SBMPTN 2016 per 23 Mei 2016, peserta ujian keterampilan mencapai 43.666 orang, meliputi 27.802 peserta olah raga, 9.750 peserta seni rupa, 2.806 peserta sendratasik, 990 peserta seni tari, dan 2.318 peserta seni musik. (ira)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini