Share

Sering Diajak Bicara Bikin Bayi Lebih Unggul

Vessy Frizona, Okezone · Jum'at 27 Mei 2016 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 27 196 1399476 sering-diajak-bicara-bikin-bayi-lebih-unggul-qSmTR9CBid.jpg Orangtua dan bayi (Foto: Huffingtonpost)
A A A

ANAK terlahir sudah dengan otak dan saraf. Namun, belum semua sarafnya terkonekasi.

Agar saraf cepat terhubung, Psikolog Terapis dan Klinis Anak, Fathya Artha Utami, M.Psi mengatakan, orangtua dianjurkan sering mengajak anak bicara. Dengan begitu anak lebih cepat merespons karena sarafnya terangsang.

"Lain halnya dengan orangtua yang hanya sesekali mengajak bayi bicara karena menganggap belum mengerti. Kalau enggak, sarafnya tidak terkait," terang Fathya kepada Okezone, beberapa waktu lalu.

Jadi ketika ngobrol, anak belajar bicara, belajar komunikasi, dan orangtua lebih kenal anak. "Misal, anak suka ketawa kalau mama ajak ngobrol dengan suatu gaya," sambungnya.

"Ketika bicara dengan anak umur 0 tahun bicaralah kata-kaya yang sederhana. Misalnya, bayi menangis, 'Oh kamu laper ya sayang, kamu capek ya?' Jadi cukup kalimat-kalimat sederhana dengan penuh ekspresi dan intonasi menjelaskannya. Sehingga anak juga belajar memahami ekspresi," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini