Share
Advertisement

Ini Proyek Kominfo Usai Palapa Ring Dikerjakan

Aditya Gema Pratomo , Jurnalis-Jum'at 27 Mei 2016 13:28 WIB
Ini Proyek Kominfo Usai Palapa Ring Dikerjakan
Ini Proyek Kominfo Usai Palapa Ring Dikerjakan
A
A
A

JAKARTA - Kementerian komunikasi dan Informatika (Kominfo) tidak mau berdiam diri. Setelah proyek Palapa Ring dikerjakan, Kini Kominfo bersiap untuk membangun satelit sendiri untuk melengkapi Palapa Ring.

Hal itu ditegaskan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, di Jakarta. Ia menegaskan, pihaknya masih mencari metode yang tepat untuk pengadaannya.

"satelit sendiri adalah solusi lain untuk melengkapi palapa ring, namun kita masih mencari cara, bagaimana untuk mewujudkannya," kata Chief RA, panggilan akrab Rudiantara.

Rudi menjelaskan, nantinya satelit ini akan berjenis High-throughput satellite (HTS). Satelit HTS merupakan teknologi, di mana kapasitas akses data melalui satelit bisa jauh lebih besar dari kapasitas yang saat ini banyak digunakan.

"Satelit HTS ini untuk kebetuhan pemerintah, intinya pemerintah harus punya network sendiri," lanjutnya.

Namun, Ia mengungkapkan bahwa satelit HTS tersebut hanya akan digunakan untuk kalangan pemerintah. Hal ini dilakukan agar program-program kerja pemerintah dapat terkordinir dengan baik.

Mengenai waktu realisasinya, Rudi mengharapkan agar satelit ini dapat dimanfaatkan di 2019 atau sesudah proyek Palapa Ring selesai dikerjakan.

(kem)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement