Share

Ekspansi Alibaba Tersandung Aturan Amerika

Martin Bagya Kertiyasa , Okezone · Jum'at 27 Mei 2016 05:09 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 27 320 1398892 ekpansi-alibaba-tersandung-aturan-amerika-dZXvLHWgmU.jpg Ilustrasi Alibaba. (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA - Raksasa e-commerce China, Alibaba Group, dituding melakukan praktik akuntansi ilegal yang telah melanggar undang-undang sekuritas federal. Oleh karena itu, regulator Amerika Serikat pun tengah melakukan pemeriksaan pada Alibaba.

Alibaba mengatakan kepada Securities and Exchange Commission bahwa mereka telah mempersiapkan dokumen dan informasi tentang kebijakan untuk mengonsolidasikan afiliasi perusahaan dan praktik untuk transaksi terhadap pihak terkait.

Melansir CNBC, Alibaba telah memberikan informasi Singles Day, hari belanja online di China pada November, membuat Alibaba mendapatkan banyak barang dari vendor yang menjual di situs tersebut.

Oleh karena itu, mereka menambahkan siap secara sukarela bekerja sama dengan regulator Amerika untuk penyelidikan tersebut, untuk menilai apakah ada indikasi melanggar hukum apapun. Namun, tidak jelas apakah penyelidikan akan berdampak pada Alibaba.

Harga saham Alibaba telah stabil dalam beberapa bulan terakhir. Pada kuartal terakhir, perusahaan memiliki pertumbuhan pendapatan yang kuat meskipun kekhawatiran tentang perlambatan China masih tinggi.

Saat ini, fokus penyelidikan komisi tampaknya mirip dengan protes yang pernah disuarakan oleh beberapa penjual dan oleh Pacific Square Research, sebuah perusahaan riset, tahun lalu. Secara khusus, Pacific Square terus mempertanyakan apakah Alibaba harus mengkonsolidasikan logistik mereka pada Cainiao Smart Logistics Network. Pasalnha, Alibaba memiliki saham 47 persen di perusahaan tersebut. Alibaba sendiri berjanji akan memberikan informasi kepada regulator terkait laporan keuangan Cainiao.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini