Share

Seminggu Jelang Lebaran, Harga Bawang Putih Naik 50%

Dedy Afrianto , Okezone · Jum'at 27 Mei 2016 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 27 320 1399773 seminggu-jelang-lebaran-harga-bawang-putih-naik-50-AIFmz17YFs.jpg Ilustrasi : Okezone
A A A

JAKARTA - Selain bawang merah, harga bawang putih selama ini ternyata juga turut meroket jelang Lebaran. Kenaikan ini terjadi hampir di seluruh daerah di Indonesia.

Menurut Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri, harga bawang putih saat ini berada pada kisaran Rp42 ribu per kg. Padahal, biasanya harga bawang putih hanya mencapai Rp25 ribu per kg.

"Itu bawang impor ya. Harganya itu sekarang Rp42 ribu per kg, sedangkan normalnya cuma Rp25 ribu per kg," kata Abdullah kepada Okezone di Jakarta, Jumat (27/5/2016).

[Baca juga: Bola Panas Impor Bawang Ada di BUMN]

Kenaikan harga bawang putih ini diprediksi akan terus terjadi jelang lebaran pada awal Juli mendatang. Pedagang berharap, pemerintah perlu melakukan intervensi pasar agar harga bawang putih tak kembali melonjak jelang lebaran. Sebab, kenaikan harga bawang putih ini justru akan berdampak pada penurunan permintaan dari masyarakat.

"Butuh intervensi sebenarnya. Ini kan terjadi tiga kali dalam setahun, ketika lebaran, natal dan tahun baru dan ketika musim tidak menentu. Jadi seharusnya pemerintah bisa mempelajarinya lebih awal," keluh Abdullah.

Seperti diketahui, saat ini Indonesia hanya mampu menghasilkan 10 persen bawang putih dari total kebutuhan secara nasional. Bawang putih ini sebagian besar diimpor dari Thailand dan Vietnam. Hal inilah yang menyebabkan pemerintah juga cukup sulit untuk mengendalikan harga bawang putih karena minimnya produksi dalam negeri.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini