Share

MUI Imbau Selama Ramadan Kedai Makan Tutup di Siang Hari

ant , Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2016 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 27 340 1399227 mui-imbau-selama-ramadan-kedai-makan-tutup-di-siang-hari-Dv6ZFwHK9P.jpg Ilustrasi
A A A

PADANG - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat (Sumbar), Gusrizal Gazhar mengimbau, selama ramadan, penjual makanan menutup kedai makanan mereka pada siang hari.

"Diharapkan tidak ada lagu yang bandel, baik itu muslim ataupun non muslim. Tentu jika tetap buka tidak sesuai falsafah," kata dia, Jumat (27/5/2016).

Gusrizal mengatakan, perilaku tidak patuh itu tidak seharusnya diteruskan. Jika terus dilaksanakan, hal itu termasuk pembangkangan. "Sebagai pemeluk agama Islam, mereka tidak ada malu dan tidak punya kepedulian sebagai penduduk setempat," ujarnya.

Ia menilai, seharusnya masyarakat setempat tidak sulit untuk menaati imbauan menutup kedai makanan di siang hari itu karena juga sudah ada prinsip Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

"Diharapkan nilai-nilai berlandaskan syariat itu ditunjukan tidak hanya di ranah pribadi, melainkan juga di publik," katanya.

Selain itu, ia berharap pemerintah setempat bertindak tegas jika masih ada kedai makanan yang buka di siang hari selama Ramadan, jangan sampai terjadi pembiaran.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini