Share

Korut Ancam Tenggelamkan Kapal Korsel Pascainsiden Perbatasan

Randy Wirayudha , Okezone · Sabtu 28 Mei 2016 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 28 18 1400064 korut-ancam-tenggelamkan-kapal-korsel-pascainsiden-perbatasan-9DyPgQfUIM.jpg Kapal perang Angkatan Laut Korea Selatan (Foto: Reuters)
A A A

PYONGYANG – Sebuah insiden perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara (Korsel dan Korut) pada Jumat, 27 Mei 2016 kemarin, berbuah peringatan dan ancaman dari pihak Pyongyang.

Disebutkan pada Jumat pagi kemarin, sebuah kapal patroli dan sebuah kapal nelayan Korut dilaporkan melintasi perbatasan maritim Korut-Korsel, hingga berujung pada dimuntahkannya beberapa tembakan peringatan dari kapal Angkatan Laut (AL) Korsel.

Insiden ini memicu kemarahan Pyongyang dan otoritas militer Korut – Angkatan Bersenjata Rakyat Korea (KPA), melontarkan ancaman penenggelaman kapal Korsel.

Melalui pernyataan resminya, militer Korut siap menembak kapal Korsel jika mereka melintasi perbatasan Korut meski hanya 0,001 milimeter!

Di sisi lain militer Korut juga menambahkan bahwa insiden kemarin merupakan satu provokasi militer yang ceroboh dari Seoul dan tentunya berdampak buruk, terhadap kans dialog militer antara Korut dan Korsel.

“Provokasi militer yang ceroboh (Korsel) ini sudah terbukti didorong oleh rencana jahat untuk mengganggu relasi utara-selatan dan lebih jauh hal ini memperburuk tensi di Semenanjung Korea,” ungkap pernyataan militer Korut, diwartakan The Guardian, Sabtu (28/5/2016).

Sementara itu, Kantor Staf Gabungan Korsel dalam pernyataannya mengatakan bahwa mereka mengejar dan melakukan tembakan peringatan sudah sesuai prosedur. Korsel juga menganggap bahwa respons Korut di atas, merupakan pernyataan yang konyol.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini