Share

Rupiah Dihadang Sentimen Utang, Impor dan Dividen

Dedy Afrianto , Okezone · Sabtu 28 Mei 2016 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 28 278 1400183 rupiah-dihadang-sentimen-utang-impor-dan-dividen-NLC1MFViTz.jpg Ilustrasi Rupiah. (Foto: Okezone)
A A A

TANGERANG - Setelah sempat menguat selama kuartal I-2016 lalu, Rupiah akhir-akhir ini kembali menunjukkan pelemahan. Bahkan, pada penutupan Jumat lalu, Rupiah masih berada pada level Rp13.587 dari sebelumnya yang sempat menyentuh level Rp12.900-an.

Pelemahan nilai tukar Rupiah ini diprediksi masih tetap akan terjadi hingga kuartal II-2016. Hal ini disebabkan oleh banyaknya dana yang keluar melalui pengembalian keuntungan perusahaan asing hingga untuk pembayaran utang.

"Rupiah saat ini cenderung melemah di luar faktor Fed yang membuat pernyataan kenaikan suku bunga lebih awal. Rupiah di kuartal dua sendiri juga berpotensi melemah karena pembayaran utang, impor, dan dividen," kata Ekonom Bank Permata Joshua Pardede di Hotel Aryaduta, Tangerang Sabtu (28/5/2016).

Hal ini juga disebabkan oleh kebijakan pemerintah untuk membangun infrastruktur pada berbagai daerah di Indonesia. Dengan begitu, butuh impor barang modal yang lebih besar dan tentunya akan berdampak terhadap penekanan nilai tukar Rupiah.

"Memang saat ini kami melihat current account masih cukup aman meski pemerintah sudah gembar-gembor untuk infrastruktur tapi belum ada perubahan dari impor barang modal. Komponen impornya masih sangat kecil. Sehingga current account dalam dua tahun terakhir masih aman, masih di bawah 3 persen dari GDP," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan bahwa pelemahan nilai tukar Rupiah ini memang normal terjadi pada kuartal kedua setiap tahunnya.

Namun, khususnya untuk tahun ini diperkirakan kebijakan tax amnesty akan sangat berpengaruh terhadap nilai tukar Rupiah karena para investor masih perlu menunggu kepastian kebijakan tax amnesty yang ditargetkan akan mulai diterapkan pada Juli mendatang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini