Share

30% Dana BPJS Kesehatan 'Terbakar Asap Rokok'

Martin Bagya Kertiyasa , Okezone · Sabtu 28 Mei 2016 20:42 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 28 320 1400296 30-dana-bpjs-kesehatan-terbakar-asap-rokok-y07n077X9n.jpg Ilustrasi BPJS. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Dana untuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kerap mengalami peningkatan tiap tahunnya. Bahkan, tahun ini BPJS Kesehatan diperkirakan akan mengalami defisit mencapai Rp10 triliun, dua kali lipat dari tahun lalu.

Anggot DPR Komisi IV, Andi Akmal, mengatakan dari dana tersebut ternyata banyak digunakan untuk mengobati penyakit terkait dengan rokok. Menurutnya, masalah kesehatan pada akhirnya akan membebani APBN.

"30 persen klaim BPJS ditengarai berkaitan dengan penyakit akibat rokok," kata dia di Polemik Sindo Radio, Warung Daun, Jakarta, Sabtu (28/5/2016).

Ketua Bada Legislasi DPR, Supratman Andi Agtas, menambahkan seharusnya klaim BPJS untuk para perokok memiliki tarif tersendiri. "Dengan begitu premi bisa dinaikkan untuk perokok, tapi bukan premi BPJS yang dinaikkan," katanya.

Dia melanjutkan, ada dampak kesehatan dari para perokok ke APBN. "Negara wajib membiayai kesehatan masyarakat lewat BPJS," tuturnya.

Sekadar informasi, Aturan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat ini tengah menjadi perhatian dari berbagai pengamat. Pasalnya, sejak tahun 2014 hingga 2015 lalu, BPJS Kesehatan selalu mengalami defisit hingga triliunan Rupiah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini