Share

Titik Cerah Industri Digital Baru Datang Setelah 17 Tahun

Feby Novalius , Okezone · Senin 30 Mei 2016 05:50 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 28 320 1400302 titik-cerah-industri-digital-baru-datang-setelah-17-tahun-EbfZ4qrC46.jpg Ilustrasi belanja online. (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA - Founder Kaskus Andrew Darwis melihat industri digital di Indonesia memiliki mas depan cerah di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 17 tahun berkarier di era industri digital, era Presiden Jokowi merupakan zaman paling terbuka untuk industri digital.

"Pemerintah sekarang ini lebih terbuka. Kita pelaku industri lebih diajak ngobrol, kalau ada yang mau membuat peraturan kita diajak ngobrol segala macam dan lebih ada harapan," tuturnya kepada Okezone.

Menurutnya, beberapa langkah pemerintah yang sudah mengarah pada industri digital menjadi bukti perhatian pemerintah. Seperti, satu juta domain gratis yang bisa didapatkan e-commerce jika bergabung dengan UKM.

Ini, kata Andrew merupakan awal, di mana era industri digital di era Presiden Jokowi akan memulai era barunya, menjadi industri yang maju ke depannya.

"Seperti Pak Rudiantara (Menkominfo) juga mulai memfasilitasinya, dengan Menteri Perdagangan segala macam dan sudah enak sekarang, karena mereka kasih kita kesempatan untuk kita bisa dekat," ucapnya.

Meski begitu, lanjut Andrew dibukanya Daftar Negatif Investasi (DNI) untuk perdagangan digital atau e-commerce membuat pemerintah harus menyiapkan insentif khusus bagi industri digital lokal supaya bisa bersaing. "Harusnya meski DNI dibuka, lokal tetap diutamakan ya. Harapan kita itu," ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini