Share

Pilkada Bintuni Dinilai Masih Sisakan Masalah

Fahmi Firdaus , Okezone · Sabtu 28 Mei 2016 01:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 28 340 1399860 pilkada-bintuni-dinilai-masih-sisakan-masalah-BIXAhMbcIT.jpg Foto: ilustrasi (Okezone)
A A A

JAKARTA - Ketua Umum Lembaga Pengawal Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LPKPB) Firdaus Djuwaid menilai, Pilkada Teluk Bintuni masih menyisakan sejumlah masalah.

Firdaus menjelaskan, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) memenangkan Petrus Kasihiw dalam Pilkada Kabupaten Teluk Bintuni. Sebelumnya, rekapitulasi KPUD Kabupaten Teluk Bintuni telah menetapkan pasangan lain menjadi pemenang.

Menurutnya, ada hal yang tidak beres karena pasangan calon yang dua kali meraih kemenangan namun akhirnya kalah.

"Pertama menang di Pilkada awal atau Pilkada sesungguhnya dan menang di beberapa TPS yang diperintahkan oleh MK diadakan pemilihan ulang tapi pada akhirnya kalah di putusan akhir MK," kata Firdaus, Jumat (27/5/2016).

(Baca: Masyarakat Desak KPK Usut Putusan MK soal Pilkada Bintun)

Dia juga akan menelusuri kejadian sesungguhnya meski keputusan MK bersifat tetap dan mengikat. Menurutnya, masih terbuka kesempatan untuk melakukan upaya hukum.

"Misalnya, pasangan yang dirugikan dalam kasus ini bisa melakukan gugatan melalui Pengadilan Tata Usaha Negara atas keputusan penetapan pasangan bupati terpilih oleh KPUD," ujarnya.

Apalagi, kata dia, ada penolakan oleh anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni terhadap pengesahan pengajuan dan pengangkatan bupati terpilih melalui sidang paripurna istimewa yang memang menjadi tugas dan kewenangan dewan setempat.

"Peristiwa ini menunjukan ada persoalan krusial yang sedang berlangsung di sana. Jika tidak ditangani secara arif oleh pemerintah pusat bisa saja terjadi benturan secara horizontal masyarakat di bawah,” tandasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini