Share

Ini Bahayanya Menyelam di Alor

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Sabtu 28 Mei 2016 06:51 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 28 406 1399934 ini-bahayanya-menyelam-di-alor-oaCWmFasXQ.jpg Diving di Alor (Foto: Aquaworld)

ALOR dikenal memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Arus deras kerap membuat orang berpikir dua kali sebelum menyelam.

Arus yang cukup deras di bawah laut Alor cukup berbahaya bagi penyelam-penyelam yang belum berpengalaman. Oleh karenanya, ada cara yang bisa dilakukan untuk menghindari bahaya tersebut.

"Jangan menyelam sendirian, tapi sama teman supaya saling mengingatkan. Karena arusnya deras, sehingga butuh pemandu," jelas Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Eden Kalakik kepada Okezone di Labuan Bajo, NTT baru-baru ini.

Menurut Eden, para penyelam sering keasyikan menikmati keindahan bawah laut Alor hingga lupa pada bahaya yang bisa terjadi kapan saja. Eden mengatakan hal ini sering terjadi pada penyelam yang menyelam tanpa pemandu.

"Karena kasyikan melihat keindahan bawah laut, pas arus lewat dia tidak tahu. Jadi kebawa arus," ujar Eden.

Meski demikian, Eden menuturkan bahwa Alor memiliki keanekaragaman hayati yang mengagumkan. Terlebih ada biota laut yang jarang ditemukan di manapun, tetapi dapat ditemukan di sini.

"Ada dua jenis ikan yang kalau di Karibia baru terlihat ketika menyelam di kedalaman 20 meter. Tapi di Alor, empat meter saja sudah terlihat," tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini