Share

Melihat Pembuatan Patung Komodo

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Sabtu 28 Mei 2016 06:51 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 28 406 1399937 melihat-pembuatan-patung-komodo-Jlx7yboZBE.jpg Melihat pembuatan patung komodo (Foto: Okezone)

PATUNG Komodo oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang dari Komodo. Ternyata, proses pembuatan patung ini menarik untuk dilihat.

Untuk memahat sebuah patung Komodo berukuran 25 cm, dibutuhkan waktu beberapa jam saja. Sehingga dalam sehari, seorang pemahat dapat menghasilkan tiga patung Komodo berukuran sama.

Patung Komodo yang dibikin oleh para pengrajin ini terbuat dari kayu dengan pahatan yang membutuhkan kejelian untuk mengukir kulitnya.

Umumnya, gaya Komodo dalam patung ini adalah posisi menegakkan kepala seolah sedang mencium aroma mangsa.

“Untuk ukuran 25 cm ini dijual dengan harga sekira Rp100 ribu,” ujar pemahat bernama Magu kepada Okezone di Labuan Baju baru-baru ini.

Sementara harga untuk patung Komodo berukuran 1 meter adalah Rp5 juta. Pasalnya, untuk memahat patung sebesar ini membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni 20 hari.

Untuk mendapatkan suvenir berupa patung Komodo ini, pengunjung bisa menemukannya di toko suvenir di Labuan Bajo.

Tetapi untuk mendapatkan pilihan yang lebih banyak, pengunjung bisa mencarinya di stand suvenir yang ada di Pulau Komodo.

“Kami biasa membuka stand di Pulau Komodo. Ada kelompok dengan 115 pengrajin yang selalu memamerkan patung Komodo,” pungkas Magu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini