Share

Alasan Anda Mengantuk Setelah Makan

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 29 Mei 2016 05:00 WIB
$detail['images_title']
Mengantuk setelah makan makanan berlemak (Foto: Menshealth)

MENGANTUK setelah makan dianggap lumrah dirasakan. Padahal itu menandakan bahwa pilihan makan Anda salah. Makan makanan tinggi lemak bisa disalahkan sebagai penyebab Anda mengantuk, kata penelitian baru di Australia.

Dalam studi tersebut, orang yang makan 135 gram lemak per hari 78 persen lebih mungkin keluhkan kantuk berlebihan di siang hari daripada orang-orang yang makan hanya 58 gram lemak per hari. Ini bisa didapat dari sosis, telur, burger dengan kentang goreng, ayam parmesan, juga brownies.

Makan diet tinggi lemak seperti itu untuk jangka waktu lama dapat menyebabkan usus Anda menghasilkan hormon saraf yang membuat otak Anda bereaksi lebih lambat, kata penulis studi Yingting Cao, PhD(K). Hal ini membuat Anda merasa lesu dan lelah setelah makan.

Kelebihan lemak dari makanan dapat mengganggu waktu tidur malam Anda juga dan membuat Anda lebih mengantuk keesokan harinya. Yang ditakutkan adalah munculnya risiko sleep apnea parah, yaitu kondisi di mana Anda berhenti bernapas lebih dari 20 kali saat tidur.

Jika Anda sering merasa mengantuk di siang hari, meski Anda tidur setidaknya tujuh jam semalam, Anda dapat mencoba mengatur kembali asupan makanan berlemak. Jika ini sudah Anda lakukan, rasakan perubahan apakah gejalanya membaik.

Selain memangkas konsumsi makanan berlemak, pilihlah makanan yang lebih mengandung lemak sehat, seperti lemak dari daging ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan alpukat. Demikian seperti dilansir dari Menshealth, Minggu (29/5/2016).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)