Share

HOT SHOT: Bos Airbnb Ambil Keputusan Sepihak demi Selamatkan Perusahaan

Martin Bagya Kertiyasa , Okezone · Minggu 29 Mei 2016 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 29 320 1400578 hot-shot-bos-airbnb-ambil-keputusan-sepihak-demi-selamatkan-perusahaan-9SXnzUAf3E.jpg Brian Chesky (Foto: Forbes)
A A A

JAKARTA - Perkembangan teknologi yang masif memang memudahkan masyarakat dalam segala bidang. Inovasi-inovasi pun kerap bergulir, seiring dengan semakin terbukanya arus informasi yang dapat diakses secara online.

Hampir semua sektor berlomba memanfaatkan jaringan internet untuk mengembangkan bisnis. Bahkan, beberapa sektor yang sebelumnya tutup mata, kini dipaksa melek dengan perkembangan Internet, seperti sektor transportasi yang mulai berkiblat dengan aplikasi.

Jaringan online yang dahulu hanya digunakan sebagai pertukaran barang, kini mulai memperdagangkan jasa. Salah satu breakthrough yang juga dilakukan industri jasa adalah di bidang jasa "kontrakan".

Adalah Brian Chesky, yang membangun kontrakan online via Airbedandbreakfast.com alias Airbnb. Lewat perusahaannya tersebut, dia menjadi makelar kontrakan baik rumah maupun perusahaan. Dengan demikian, jika ada yang ingin menyewakan rumah, flat, apartemen bahkan hanya kamarnya kepada orang asing, maka mereka dapat menaruhnya di Airbnb.

Salah satu startups yang paling booming dalam sejarah ini didirikan pada 2008, dengan valuasi lebih dari USD25 miliar setelah mendapatkan pendanaan mencapai USD1,5 miliar pada Juni 2015. Chesky, mantan binaragawan ini, mengambil kuliah di Rhode Island School of Design di mana dia bertemu dengan Joe Gebbia, dan keduanya pun memulai situs Airbedandbreakfast.com di San Francisco, setelah mereka bertemu dengan Nathan Blecharczyk.

Pada Februari 2016, Airbnb telah kedatangan lebih dari 60 juta tamu, yang beroperasi di 34.000 kota di 190 negara. Forbes memperkirakan Chesky memiliki saham 13 persen di perusahaan. Dengan bisnisnya ini, pada Mei 2015, dia pun ditunjuk sebagai Duta Besar Presiden untuk Global Entrepreneurship oleh representative Presiden Obama.

Sepi Investor

Pada saat didirikan dahulu, beberapa investor, seperti pengusaha di Silicon Valley, Chris Sacca, enggan menanamkan investasinya di Airbnb. Kekhawatiran tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, hal-hal buruk bisa terjadi ketika orang-orang menyewakan rumah mereka kepada orang asing.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini