Share

Beli Rumah Tanpa Uang Muka, Bisa?

Agregasi Minggu 29 Mei 2016 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 29 470 1400558 beli-rumahtanpa-uang-muka-bisa-qkGNWFVyG1.jpg Ilustrasi: Shutterstock
A A A

JAKARTA - Anda pasti pernah dengar kata-kata “Beli RUMAH Tanpa Uang”, “Cara Beli Rumah Tanpa Modal”, “Beli Rumah Tanpa Uang Malah Dapat Uang”, dan lain-lain. Hal itu hampir mustahil di wujudkan. Tetapi tahukah anda jika membeli rumah tanpa DP saat ini bisa direalisasikan. Karena faktanya banyak pengembang yang telah bekerja sama dengan bank-bank pemberi kredit yang menawarkan fasilitas itu. Biasanya pembeli hanya dikenakan biaya booking fee dan biaya pengurusan berkas saja. Besarannya pun cukup terjangkau karena membeli rumah hanya mengeluarkan uang tak lebih dari Rp5 juta.

Tentu ini merupakan suatu keuntungan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, padahal malah rumah-rumah yang mempunyai sistem beli tanpa DP justru cocok untuk masyarakat berpenghasilan menengah, Karena jika membeli rumah tanpa uang muka, idealnya rupiah yang di-KPR-kan akan lebih besar. Jika harga rumah Rp102 juta dengan booking fee sebesar Rp2 juta, anggaplah itu dimasukkan dalam perhitungan harga jual maka nilai yang di-KPR-kan sebesar Rp100 juta.

Bandingkan dengan jika kita menggunakan uang muka. Taruh saja DP sebesar 20 persen dari harga jual. Maka nilai rupiah yang di-KPR-kan sebesar Rp80 juta. Selisih KPR antara yang memakai DP dan tidak adalah 18 juta. Angka itu jika di-KPR-kan akan mempunyai selisih yang jauh.

Mari kita lihat jika kita menggunakan KPR Bank BTN dengan suku bungan 12 persen per tahun. Berapa selisih keduanya?

Melihat ilustrasi di atas selisihnya +/- 300 ribu per bulan, jika selama 10 tahun selisihnya menjadi: Rp300 ribu x 120 bulan = 36 juta. Walaupun cicilan bulanannya jauh lebih ringan atau lebih kecil bila menggunakan DP selama 10 tahun, tetapi membeli rumah Tanpa DP menjadi solusi alternatif jika dana kita terbatas.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini