Share

Gypsum Lebih Ringan dari Dinding Bata

Fhirlian Rizqi Utama , Okezone · Minggu 29 Mei 2016 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 29 470 1400698 gypsum-lebih-ringan-dari-dinding-bata-6ASHFbtxUT.jpg Foto: amafcodubai
A A A

TANGERANG - Meski penggunaan papan gypsum untuk interior rumah seperti dinding misalnya, namun ternyata papan gypsum punya beberapa kelebihan dibandingkan dengan dinding batu bata konvensional.

Product and Strategy Manager Jayaboard Krisma Hadianto mengatakan, kelebihan yang paling tampak adalah papan gypsum terbilang lebih safety atau aman dibanding dinding batu bata. (Baca juga: Gypsum Kurang Diminati di RI Dibanding Negara Maju)

"Salah satunya ketika ada gempa, struktur drywall tidak langsung crack atau retak, dan kalaupun runtuh lebih ringan dibanding dinding bata," ujar Krisma, di IndoBuildTech Expo.

Kemudian, lanjut Krisma, penggunaan papan gypsum lebih efisien dalam penggunaan air sebesar 1/5 liter per meter persegi saat proses pemasangan ketimbang dinding batu bata.

"Dengan begitu pengerjaan bisa lebih cepat, misalnya dengan drywall satu lembar itu hanya berapa menit, untuk satu ruangan bisa satu hari selesai, dan plesterannya tidak perlu diaci," papar Krisma.

Soal biaya, Krisma mengaku, penggunaan papan gypsum bisa menghemat biaya konstruksi mulai dari sembilan sampai 11 persen, jika penggunaan papan gypsum sudah dicantumkan dalam perencanaan awal. (Baca juga: Awas! Meski Tahan Api, Gypsum Sensitif Lembab)

"Kita pernah ada studi dari UI itu bisa saving cost sampai 11 persen kalau penggunaan gypsum ada di perhitungan awal," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini