Share

Ratusan Pasangan Siri di Jember Ikuti Nikah Massal

Bambang Sugiarto , Sindo TV · Minggu 29 Mei 2016 02:51 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 29 519 1400382 ratusan-pasangan-siri-di-jember-ikuti-nikah-massal-CMkayKrO75.jpg Ilustrasi (Okezone)
A A A

JEMBER - Sebanyak 107 pasangan menikah massal di Masjid Mohamad Cengho, Jember, Jawa Timur. Mereka menjalani isbat nikah pada Sabtu 28 Mei 2016. Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa memberikan akte nikah kepada ratusan pasangan tersebut.

Ratusan pasangan siri ini terpaksa nikah massal lantaran mengaku kesulitan mengurus bantuan program perlindungan sosial dari pemerintah seperti BPJS, PKH, dan program sosial lainnya lantaran tidak memiliki akte nikah sebagai salah satu syarat untuk mengurus kartu keluarga. Alhasil, mereka mengikuti nikah massal yang di selenggarakan pengurus masjid.

“Senang karena telah mendapat akte nikah gratis dan secepatnya akan digunakan untuk mengurus kartu keluarga dan mengurus program sosial dari pemerintah,” ujar Misdan (74), salah satu peserta isbat nikah.

Sementara itu, Mensos Khofifah membeberkan akte nikah penting karena merupakan persyaratan mutlak untuk mendapatkan kartu keluarga. “Bahkan untuk sekolah ke negeripun bagi anak anak yang tidak memiliki kartu keluarga tidak bakal bisa. Oleh karenanya akte nikah sangat penting sebagai cikal bakal administrasi seluruh program sosial pemerintah,” jelas mantan Ketua Fatayat NU itu.

Usai menerima akte nikah, ratusan pasangan suami-istri yang sudah sah ini langsung di hibur oleh kesenian barongsai. (sul)(day)

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini