Share

Gara-Gara Suzuki Vitara Brezza, Ford Rela Mengeluarkan Rp409 Miliar

Santo Evren Sirait, Okezone · Selasa 31 Mei 2016 06:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 30 15 1401615 gara-gara-suzuki-vitara-brezza-ford-rela-mengeluarkan-rp409-miliar-oaFi6y50in.jpg Ford EcoSport (Foto: Indianautosblog)

NEW DELHI - Keberhasilan Maruti Suzuki menaikkan angka penjualan lewat Vitara Brezza nampaknya membuat Ford India kewalahan. Bagaimana tidak, demi menarik minat konsumen untuk membeli produknya terutama EcoSport, Ford rela mengeluarkan dana yang tidak sedikit, yakni sebesar Rs 200 crore atau sekira Rp409 miliar.

Dilaporkan Indianaiutosblog, dana itu dipakai untuk mengkampanyekan layanan purna jual dan meningkatkan pelayanan supaya hubungan antara diler Ford dan pelanggan semakin kuat. Di samping itu, dana tersebut juga digunakan untuk memperkuat brand imege Ford.

Bukan hanya EcoSport, rupanya dua produk Ford lainnya juga mengalami penurunan di pasar India, seperti Ford Figo dan Figo Aspire. Bahkan Ford terpaksa menghentikan aktivitas di pabrik Sanand selama satu minggu pada Maret 2016.

Angka penjualan Suzuki Vitara Brezza mampu mengalahkan Ford EcoSport. Sejak diluncurkan pada Maret 2016, EcoSport mulai terpuruk hingga pada akhirnya harus keluar dari daftar lima besar mobil penumpang terlaris. Yang lebih menyedihkan lagi, Ford menurunkan harga Ecosport. Namun sayang sekali keputusan tersebut tidak terlalu berpengaruh pada penjualan.

Sebagai perbandingan, Ford EcoSport varian terendah dari diesel seharga INR8,41 lakh (Rp164 juta) turun menjadi INR 7,28 lakh (Rp142 juta). Demikian pula yang terjadi pada EcoSport varian bensin bawah. Dari harga INR7,22 lakh (Rp141 juta) kini harganya menjadi INR6,68 lakh (Rp130 juta).

Sedangkan varian termurah Vitara Brezza LDi dibanderol INR6,99 Lakh atau sekira Rp136 juta. Sedangkan varian termahal, yakni Vitara Brezza ZDi+ Dual-Tone dijual seharga INR9,68 Lakh atau Rp188 juta.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini